Beranda Asian Games 2018

Pekan Ini Penentuan Skuad Timnas Indonesia U-23, Ini Kriteria Pemain yang Diinginkan Luis Milla

MAIN DI MALAYSIA: Evan Dimas saat berlaga bersama timnas Indonesia U-23

BALI-RADAR BOGOR, Pengumuman skuat Timnas Indonesia U-23 untuk Asian Games 2018 akan dilakukan pada pekan ini. Sekretaris Jenderal PSSI Ratus Tisha Destria mengatakan akan merilis 20 nama pada 8 atau 9 Agustus 2018.

Setiap peserta cabang olahraga (cabor) sepak bola Asian Games 2018 hanya diperbolehkan untuk membawa 20 pemain. Saat ini, Timnas Indonesia U-23 berkekuatan 24 pemain yang tengah berada di Bali untuk menggeber pemusatan latihan (training centre) sejak 24 Juli lalu.

Jelang detik-detik akhir pengumuman, pelatih Luis Milla Aspas pun membeberkan kriteria pemain yang akan dipilihnya. Salah satu aspek yang diperhatikannya adalah pemahaman dalam segi taktik.

“Pelatih itu paling susah memilih pemain untuk dibawa ke turnamen. Tetapi di sini, saya akan memilih pemain yang mengerti apa yang saya mau, mengerti yang gaya main saya, mengerti ide saya,” ujar Milla melalui penerjemahnya, Bayu Eka Sari.

Milla punya banyak pertimbangan untuk memilih pemain masuk ke dalam skuat akhir jelang Asian Games 2018.

“Satu setengah tahun terakhir, 70 pemain saya bawa, dan sekarang saya harus memilih 20. Itu tidak mudah, satu setengah tahun kita harus membuat rangkuman, apa sih yang kita butuhkan, adaptasi dengan ide kita, yang mengerti, yang punya kepribadian baik, bisa bantu di dalam dan luar lapangan, tidak egois,” kata Milla.

Setiap pemain yang ingin menembus skuat akhir Timnas Indonesia U-23 harus paham dengan taktik Milla. Aspek itu merupakan penilaian utamanya dalam memilih pemain.

“Di antara semua itu, kita selalu mencari pemain yang bisa mengerti dan beradaptasi secara cepat ide kita,” imbuh Milla. (ysp)

Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018

12 Agustus: Indonesia Vs Taiwan

15 Agustus: Indonesia Vs Palestina

17 Agustus: Indonesia Vs Laos

20 Agustus: Indonesia Vs Hong Kong

Baca Juga