Beranda Berita Utama

Video Imam tak Panik saat Gempa Lombok 7 SR Mengguncang, Jamaah Berhamburan. Plafon Masjid Ambruk!

Video saat seorang imam tak beranjang dari tempatnya ketika memimpin salat saat gempa Lombok mengguncang, Minggu (6/8/2018).

RADAR BOGOR-Sebuah video yang merekam sausana salat berjamaah di sebuh masjid di Bali saat gempa 7 SR mengguncang Lombok pada Minggu (5/8/2018) malam, beredar di media sosial. Video tersebut merekam detik-detik terjadinya gempa hingga guncangan usai.

Awalnya, salat jamaah berjalan khitmad. Namun tiba-tiba ada guncangan gempa yang dirasakan para jamaah. Tak terkecuali sang imam yang sedang memimpin jalannya salat jamaah.

Saking kencangnya guncangan, jamaah mulai panik. Beberapa jamaah memilih meninggalkan tempat salat dan berhamburan ke luar masjid. Sedangkan dua makmum dan imam salat masih terlihat melanjutkan salat dalam video.

Sang imam terus melantunkan bacaan ayat suci Alquran. Ia berusaha tetap melanjutkan salatnya meski tubuhnya terus diguncang dengan menyandarkan tangannya.

Setelah guncangan gempa usai para jamaah kembali ke shaf masing-masing.

Selain video tersebut, juga  beredar sebuah video yang merekam detik-detik terjadinya gempa di sebuah Masjid Agung Bali. Dalam video tersebut, jamaah berhamburan menyelamatkan diri sebelum plafon masjid runtuh.

Dalam video memperlihatkan suasana Masjid Agung Bangli, Bali ketika salat berjamaah berlangsung. Awalnya jamaah tampak khusyuk menjalankan salat.

Kemudian seorang jamaah terlihat mulai panik ketika goncangan gempa mulai terasa di dalam masjid.

Tak lama kemudian seorang jamaah lari meninggalkan barisan salat atau shaf.

Hal itu kemudian diikuti jamaah lainnya yang mulai mendengar suara gemuruh dari atap masjid. Semua jamaah akhirnya berhamburan untuk menyelamatkan diri.

Tak lama berselang dari arah atas jatuh reruntuhan bangunan diduga plafon.

Beruntung seorang pria paruh baya yang sempat tertinggal berhasil diselamatkan.

Pria paruh baya itu berhasil dituntun seorang jamaah lainnya sebelum atap ruboh.

Video itu beredar luas setelah diunggah akun Instagram Punapibali pada Minggu (5/8/2018).

“NYARIS TERTIMPA. Detik-detik para jemaah berlari menyelamatkan diri saat gempa terjadi. Lokasi : Masjid Agung Bangli, Bali. Video kiriman @_yogapratama.” tulis keterangan video tersebut. (ysp)

Baca Juga