Beranda Asian Games 2018

Ratusan Atlet Merah Putih untuk Asian Games 2018 Dikukuhkan

Suasana pengukuhan atlet Asian Games 2018 sekaligus penandatanganan Pakta Integritas Chef de Mission (CdM) di Istora Senayan, Minggu (5/8) petang.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Panitia pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) menggelar upacara pengukuhan sekaligus penandatanganan Pakta Integritas Chef de Mission (CdM) di Istora Senayan, Minggu (5/8) petang.

Upacara itu berupa penyerahan mandat dari negara kepada para atlet yang akan berjuang mengharumkan tanah air.

Seremoni pengukuhan tersebut dihadiri oleh beberapa perwakilan atlet dari berbagai cabang olahraga di Asian Games 2018.

Dari pemerintah, selain Inasgoc ada juga Menko PMK Puan Maharani dan Menpora Imam Nahrawi, yang juga menjadi pembina upacara pengukuhan.

Ratusan atlet yang mengikuti upacara terlihat berbaris dan mengayur diri dengan antusias. Yang unik, atlet muda juara dunia lari U-20 Lalu Muhammad Zohri, terpilih menjadi salah satu perwakilan pembaca janji atlet.

Acara yang dipimpin oleh Menko PMK Puan Maharani itu dibuka kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah itu, Pakta Integritas dibacakan oleh CdM Indonesia, Komjen Pol Syafruddin.

Setelah dibacakan, penandatanganan pakta Integritas dilakukan antara Menko PMK, CdM Indonesia dan Erick Thohir selaku Ketua INASGOC.

Sebelum dikukuhkan, para atlet secara serentak membacakan janji atlet yang menegaskan kesiapan mereka untuk berjuang demi Indonesia.

“Selamat kepada tim Indonesia, seluruh kontingen baik atlet, pelatih, dan official yang terpilih untuk mewakili negara di Asian Games 2018,” kata Puan dalam pernyataannya.

“Dengan ini saya kukuhkan atlet Indonesia di Asian Games 2018,” ucap puan menyelesaikan tugasnya.

Event Asian Games sendiri secara resmi dimulai pada 18 Agustus mendatang di Stadion Utama GBK. Namun, jauh sebelum itu, pada 10 Agustus cabor sepak bola terlebih dulu bertanding menjalani laga penyisihan. (dkk/ysp)

Baca Juga