25 radar bogor

Irak Mundur dari Asian Games, Pengundian Ulang Lagi?

Timnas Irak

JAKARTA-RADAR BOGOR,Panpel Asian Games 2018 (INASGOC) mengaku berpotensi akan kembali menggelar undian cabor Sepak bola. Hal itu setelah Timnas U-23 Irak memilih untuk mundur dari gelaran tersebut.

Seperti diketahui, sebelumnya Asosiasi Sepak Bola Irak (IFA) secara resmi menarik diri dari cabor sepak bola Asian Games 2018. Hal itu setelah mereka tak memiliki pemain lantaran para klub tak mau melepas pemainnya.

“IFA menyampaikan permintaan maaf tidak bisa berpartisipasi di Asian Games 2018 pada pertengahan Agustus di Jakarta, karena kesulitan mengumpulkan pemain, sehingga belum melakukan persiapan menghadapi turnamen,” demikian pernyataan IFA.

Imbasnya sempat ada kabar kalau cabor sepak bola bakal kembali diundi lagi. Sebab dengan mundurnya Irak, Grup C praktis cuma diisi tiga tim saja yakni Tiongkok, Timor Leste, dan Syria.

“Kami membuat surat kepada AFC dan OCA meminta arahan soal kondisi ini bagaimana sebaiknya. Karena kalau mau fair play, ada tim yang main empat kali, tiga kali, dan dua kali. Ini bisa dibilang tak adil,” ungkap Ketua INASGOC, Erick Thohir, kepada wartawan.

Imbuhnya, “Hari ini mungkin ada keputusan dari AFC dan OCA. Karena pertandingan pertama itu tanggal 10 (Agustus), kita lagi tunggu.”

INASGOC, lanjut dia, mengusukan Uni Emirat Arab dan Palestina diundi ulang. Sebab, kedua negara itu sudah masuk di Grup A dan E.

“Nah, sekarang drawing buat mereka saja, masuk yang di grupnya Irak, yaitu C. Dari dua itu misalnya masuk Grup C, masih satu lagi dikocok masuk grup apa,” tandas dia.

(ies/isa/JPC)