25 radar bogor

Cak Imin di Dukung Menjadi Cawapres Jokowi Oleh 50 Kiai Nusantara

JAKARTA-RADAR BOGOR, Adanya perkumpulan Kiai Nusantara yang terdiri dari sekitar 50 orang penguru ulama dari seluruh Indonesia yang berkumpul di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Sabtu Malam (4/8). Para Ulama yang berkumpul menyampaikan aspirasi yang berkembang terutama dalam menghadapi Pemilu Presiden 2019.

Juru Bicara Kiyai Nusantara, KH Anwar Iskandar mengatakan, para ulama telah sepakat mendukung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjadi Cawapres mendampingi Jokowi.

“Aspirasi yang disampaikan oleh para Kiai bahwa para Kiai sepakat untuk mendukung pencalonan Cak Imin sebagai Cawapres bersama pak Jokowi,” ujar Anwar setelah pertemuan berlangsung.

Anwar menuturkan, aspirasi ini nantinya akan dilaporkan kepada PBNU untuk ditindak lanjuti. Dorongan para Kiai ini selanjutnya akan dibahas dalam rapat internal lembaga.

“Kita mohonkan dan kita laporkan ke PBNU aspirasi ini untuk selanjutnya nanti bagaimana di musyawarahkan untuk menjadi bagian aspirasi warga NU,” terangnya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU Helmy Faishal Zaini mengatakan, lembaganya melalui Ketua Umum KH Said Aqil dengan senang hati menerima aspirasi Kiai Nusantara. Dengan singkatnya waktu pendaftaran pasangan Capres-Cawapres, maka PBNU akan segera menggelar musyawarah membahas aspirasi warganya ini.

“PBNU tadi pak Said Aqil telah menerima secara baik dan telah menyampaikan dalam forum ini, juga tentu dalam waktu dan forum yang tepat beliau akan segera menyampaikan ini, karena waktu yang sangat singkat,” kata Helmy.

Di sisi lain Helmy berharap dorongan para Kiai Nusantara menjadi Cak Imin Cawapres dapat diterima dengan baik oleh Jokowi. Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu mengatakan akan segera menyampaikan aspirasi ini kepada Jokowi.

“Kita harapkan tentunya melalui forum yang nanti secepat-cepatnya akan disampaikan, dan tentu dengan harapan harapan bahwa apa yang menjadi harapan para Kiai ini akan diterima secara baik sama pak Jokowi,” pungkasnya.

Kiai Nusantara yang berkumpul di kantor PBNU ini merupakan sejumlah Ulama yang mewakili banyak daerah di Indonesia. Seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa, Yogyakarta, Banten dan beberapa daerah lain.(sat/JPC/mg1/JPG)