Beranda Olahraga All Sport

Tak Hanya Pengin Menang, Ini yang Terpenting Bagi Tuan Rumah

BERBAGI

PALEMBANG-RADAR BOGOR    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin Apel Komando Operasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dalam rangka pengamanan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Gria Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (3/8/2018). Sebanyak 1.510 personel gabungan TNI dan Polri serta instansi terkait Provinsi Sumsel mengikuti apel tersebut.

Panglima TNI dalam sambutannya menyampaikan Asian Games merupakan event internasional berskala strategis dan tidak hanya mencari pemenang dalam berbagai event perlombaan.

“Namun sebagai tuan rumah, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa antisipasi dan mencegah terhadap aksi-aksi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan, sehingga pelaksanaan Asian Games ke-18 dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujarnya.

 

Menurut Hadi, salah satu hambatan yang bisa diprediksi adalah adanya kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan timbulnya asap.

“Asap tidak hanya mengganggu dalam pelaksanaan Asian Games tetapi juga akan menimbulkan penyakit dan tentunya menjadi kesan negatif bagi peserta yang akan diikuti kurang lebih 45 negara,” ujarnya.

Untuk itu, Panglima TNI mengajak seluruh komponen bangsa untuk sama-sama mengatasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

Pada kesempatan ini, Marsekal Hadi mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh komponen yang telah bergabung untuk mendukung pelaksanaan operasi kebakaran hutan dan lahan. Tentunya, pemerintah pusat juga tidak akan bisa melaksanakan operasi ini sendiri, harus dibantu oleh pemerintah daerah dan seluruh komponen bangsa.

“Saya yakin dengan niat kita yang baik, kita akan melaksanakan kegiatan ini all out. Insyaallah kebakaran hutan dapat kita minimalisir,” ucapnya.

Di sisi lain, Marsekal Hadi mengatakan negara Indonesia sudah menjadi anggota G20, anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB dan menjadi negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia serta sukses melaksanakan pengamanan pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2018.

“Indonesia juga dikenal sebagai negara tropis dengan hutan tropis yang begitu besar,” ungkapnya.

Menurut Panglima TNI, 56 tahun yang lalu, Indonesia pertama kali mengadakan Asian Games dan sekarang tahun 2018 menjadi tuan rumah lagi. “Mari kita sama-sama menyukseskan Asian Games dengan cara mampu mengantisipasi adanya aksi-aksi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan. Dunia akan melihat kita dan akan menilai negatif apabila kita tidak bisa mengamankan jalannya Asian Games,” jelasnya.

Turut hadir pada apel tersebut, di antaranya Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Gubernur Sumsel Alex Nurdin, Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Bimo Anggoro, Waasops Panglima TNI Marsma TNI Chairil Lubis dan Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo.(fri/mg2/JPNN)

Komentar Anda

Baca Juga