Beranda Ekonomi

Jurus Skinproof Bantu Produsen Klaim Produk

Skinproof bantu produsen klaim produk (istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sejalan dengan peningkatan industri Beauty & Personal Care di Indonesia serta inovasi produk kosmestik yang terus berkembang, klaim produk (Product Claim) pun cenderung berkembang pesat terutama dari segi metode yang digunakan untuk pembuktian suatu klaim. Sementara itu, Dermatology Testing juga diprediksi akan terus berkembang sejalan dengan perkembangan industrinya.

Direktur PT Asia Derma Lab yang menaungi Skinproof, Alfons Sindupranata, mengatakan, klaim produk kosmetik merupakan salah satu faktor utama yang menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam memilih produk kosmetik yang sesuai dengan kebutuhannya. Dengan berkembangnya era digital (media sosial) dan mudahnya konsumen mengakses informasi, konsumen Indonesia semakin paham dan sadar dengan label klaim pada saat membeli produk.

Untuk melakukan klaim produk ini, produsen membutuhkan rekanan yang akan membantu melakukan beberapa pengujian atas produknya yaitu, perusahaan Clinical Research Organization (CRO).

“Skinproof sebagai Clinical Research Organization (CRO) didirikan untuk menjawab kebutuhan pemilik produk dermatologi dalam menyediakan data-data yang akurat dan valid untuk mendukung klaim efikasi dan keamanan produk dermatology,” ujarnya di Jakarta, Kamis (2/8).

Terkait produk-produk yang ada di pasar saat ini, sebagian besar sudah mencantumkan klaim produk, ada yang sifatnya klaim umum dan ada juga yang spesifik terhadap kegunaan atau manfaat yang sudah dibuktikan sebelumnya.

“Jika produsen mencantumkan klaim yang sifatnya umum maka produknya akan terlihat sama dengan produk sejenis di pasar, dibutuhkan klaim spesifik untuk suatu produk agar berbeda, konsumen membeli dan merasakan manfaatnya secara nyata,” pungkasnya.

(srs/JPC)

Baca Juga