Beranda Asian Games 2018

Asian Games 2018 Momentum Memperkenalkan Pencak Silat

BERBAGI
Atraksi Pencak Silat.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ketua Umum Asosiasi Perguruan Pencak Silat Budaya Indonesia (APPSBI) Awang Suwanda menilai Asian Games 2018 dapat menjadi momentum yang tepat untuk memperkenalkan pencak silat kepada dunia internasional.

“Asian Games adalah momen yang luar biasa, internasional. Itulah saatnya memperkenalkan salah satu kebudayaan Indonesia, yaitu pencak silat,” kata Awang di Jakarta, Rabu (1/8/2018), seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, pencak silat termasuk kedalam jenis olahraga rekreasi. Dengan demikian, pertunjukan pencak silat bertujuan untuk menghibur para penontonnya.

“Selain sebagai bentuk bela diri, pencak silat itu budaya, bisa juga untuk hiburan. Di dalam pencak silat, ada beberapa pertunjukan, di antaranya debus dan kesenian palang pintu,” papar Awang.

Karena itu, pihaknya berencana untuk menampilkan pertunjukan pencak silat dalam event olahraga empat tahunan itu, baik di Jakarta maupun Palembang.

“Selama Asian Games, kami sudah ada rencana untuk menampilkan pertunjukan pencak silat kepada para pengunjung, atlet maupun ofisial. Kami siap apabila dibutuhkan,” tutur Awang.

Wawan mengatakan pertunjukan pencak silat tersebut rencanany dilakukan pada masa istirahat para atlet atau lebih tepatnya ketika atlet sedang tidak bertanding.

“Dengan begitu, kami berharap pencak silat akan lebih dikenal di kancah internasional, dan nantinya semakin banyak yang tertarik untuk mempelajarinya,” pungkas Awang. (ysp)

Komentar Anda

Baca Juga