25 radar bogor

Qatar Investasikan Dana USD 500 ke Sektor Pariwisata di Indonesia

Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan ()
Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan ()

JAKARTA-RADAR BOGOR, Qatar dan Indonesia telah menyepakati perjanjian investasi senilai USD 500 juta. Rencananya, nilai investasi itu akan digunakan untuk mengembangkan sektor pariwisata di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dalam Afternoon Tea di kantornya, Jakarta, Rabu (1/8).

“Tadi kita tandatangani investasi 500 juta dollar AS untuk pembangunan hotel oleh perusahaan dari Qatar, Accor yang akan membangun hotel bintang 5 di Mandalika,” ujarnya.

Pemerintah Qatar, kata Luhut, melalui Qatar Investment Authority (QIA) juga menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi di 10 wisata Bali baru. Namun, dirinya menyarankan agar fokus berinvestasi terlebih dahulu di lima kawasan, yakni Danau Toba, Labuan Bajo, Banyuwangi, Borobudur, dan termasuk Mandalika.

“Di samping Mandalika, mereka juga ingin masuk di 10 destinasi baru yang disiapkan presiden, tapi saya bilang jangan dulu, masuk saja ke lima wisata baru dan QIA komitmen untuk itu,” tuturnya.

Selain membahas komitmen investasi, pemerintah Qatar juga menginginkan pengoperasian rute penerbangan langsung dari Banda Aceh menuju Qatar. Keinginan itu disampaikan seiring dengan rencana mereka dalam menyelenggarakan Aqua culture di Sabang.

“Intinya semua sudah pernah dibahas ketika kami ke sana. Untuk sekarang mereka ingin memastikan kalau itu bisa berjalan semuanya,” tutupnya.

(hap/JPC)