Beranda Asian Games 2018

Hotel Berbintang Full Booked Selama Asian Games 2018

BERBAGI
Beberapa hotel berbintang di Palembang, Sumsel sudah full booked selama ASian Games 2018

PALEMGBANG-RADAR BOGOR, Jelang perhelatan Asian Games 2018 di Palembang, Sumsel, beberapa hotel berbintang sudah full booked hingga Rabu (31/7).

Hal itu diakui oleh salah satu manajemen hotel berbintang di Palembang, Marketing Communication Hotel Aryaduta, Diah.

“Sudah full booked sesi Asian Games, dari 18 Agustus sampai 2 September atau sekitar 16 hari,” tuturnya. Tamu yang sudah booking, yakni para ofisial dan juri dari beberapa cabor, selain beberapa tamu reguler.

Di momen ini, pihaknya mengangkat tema Energy of Asia. Sajian makanan berupa menu khas Indonesia. “Kami akan lebih promosikan Indonesian food dan lokal Palembang kepada delegasi negara asing. Karena ini momen yang tepat,” jelasnya.

Wyndham Opi Hotel Palembang juga sudah full booked. Marketing Communication, Prayudi Tama, menuturkan, kamar sudah penuh mulai 18 hingga 28 Agustus. “Untuk tanggal 28 Agustus sampai 2 September, cuma tersisa 6 sampai 8 kamar,” jelasnya.

Yang booking yakni IGBS untuk tamu ofisial. “Nanti kami akan sediakan makanan khusus tergantung permintaan tamu. Dari hotel sendiri selalu siap pilihan makanan tradisional Indonesia, Asia, sampai western food,” ujarnya.

Marketing Executive Horison Ultima Palembang, Priscilia WFS, mengatakan, ada sekitar 175 kamar yang disiapkan selama periode Asian Games.

“Sekarang pesanan kamar itu juga sudah hampir full booked,” jelasnya.

Yang menginap di sini didominasi tamu asal negara Asia Barat dan Asia Timur. Untuk menu lebih banyak dan berbeda setiap hari. Menyesuaikan dengan asal peserta Asian Games.

“Di momen itu kami angkat tema olahraga. Beberapa ornamen seperti bendera-bendera negara peserta dan lambang Asian Games akan dipasang untuk semarakkan acara,” cetusnya.

Public Relations The Arista Hotel Palembang, Alan Budiman, mengatakan, hotel ini juga salah satu official hotel yang menerima tamu Asian Games dan dikoordinasikan oleh Inasgoc.

“Tamu rata-rata asal Timur Tengah dan kamar saat itu juga full booking,” tuturnya. Untuk makanan, pihaknya sediakan menu Middle East agar sesuai selera.

“Kami sudah berpengalaman melayani tamu-tamu negara. Untuk makanan pun sejak lama sudah berkonsep international breakfast. Khusus momen ini, kami suguhkan buah-buah tropis khas Indonesia seperti nanas, durian, dan nangka. Ada pempek juga,” bebernya.

Untuk tarif kamar, dijual di atas Rp1 jutaan dari biasanya di bawah Rp1 juta. Karena periode peak session.

Sales Executive Batiqa Hotel, Gaby S Putri, menyatakan, dari 160 kamar, sudah ada 70 kamar di-booking Inasgoc untuk Asian Games.

“Rata-rata tamu VIP sebagai delegasi teknis seperti national technical officer (NTO) dan international technical officer (ITO). Tamu ini mulai masuk 16 Agustus,” katanya.

Di luar Inasgoc, panitia atau badan atau konsultan yang memantau kesiapan event sejak lama juga menginap di Batiqa Hotel. sejauh ini sekitar 80 persen. Pihaknya optimistis kamar akan full booking.

“Kita perhatikan trennya pelan-pelan naik pada periode tanggal belasan Agustus,” ujarnya.

Di lobi Batiqa Hotel, ada live performance UMKM seperti rumah limas hadirkan tenun songket agar tamu luar mengenal budaya Palembang. Setiap minggu akan ada live cooking kuliner Palembang oleh Pempek Cek Molek.

Lalu di pagi hari saat breakfast ada Jamu Corner guna memperkenalkan ramuan herbal khas Nusantara. Ditambah buah lokal seperti salak, nanas, dan lainnya.

General Manager Grand Zuri Hotel Palembang, M Rizky Darmawan, mengatakan, 100 kamar sudah dipesan Inasgoc. “Khusus ofisial cabang olahraga sepak takraw,” katanya.

Dia menyebut, mulai 16 Agustus serempak mereka mulai masuk. Beberapa negara lain dari Timur Tengah, Singapura, Tiongkok, dan perwakilan kedutaan besar pun sudah booking.

Food and beverages pun jadi concern sendiri, disesuaikan dengan selera tamu ofisial. Cerenti Restaurant yang dahulunya hanya siapkan traditional food, Indonesian food, dan western food, juga akan siapkan middle east food. Dia yakin okupansi 100 persen pada Asian Games.

“Karena Asian Games peak session, makanya tarif kamar kita jual Rp700 ribuan nett,” tuturnya. (cj11/cj16/rif/fad/ce1)

 

Komentar Anda

Baca Juga