Beranda Berita Utama

Awas! Ada Petugas PLN Gadungan Incar Perumahan di Bogor, Ini Foto dan Ciri-cirinya

Foto rekaman CCTV saat petugas PLN gadungan mencuri di salah satu rumah warga di di Perumahan Taman Kenari, Ciluar, Bogor Utara.

BOGOR-RADAR BOGOR, Masyarakat Kota Bogor diminta lebih berhati-hati saat rumah didatangi orang yang mengaku sebagai petugas dari Perusahaan Listrik Negara ( PLN). Pasalnya, beberapa penipuan terjadi dengan modus menyamar sebagai petugas resmi PLN.

Seperti yang menimpa salah satu warga di Perumahan Taman Kenari, Ciluar, Bogor Utara, Selasa (31/7/2018) lalu.  Warga tersebut menjadi korban pencurian dimana pelakunya seorang pria mengaku petugas PLN memakai jaket logo petir dan topi PLN asli.

Modusnya, pelaku hendak mengecek listrik di rumah korban. Aksi pelaku kemudian terekam kamera CCTV sehingga wajah dan ciri-cirinya bisa diketahui.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, aksi pencurian itu berawal saat pelaku mendatangi rumah korban. Saat itu hanya ada anak korban yang berada di rumah, sedangkan orang tuanya tengah ada keperluan keluar.

Pelaku kemudian bertanya kepada anak korban yang saat itu tengah bermain di pelataran rumah. Pelaku menanyakan keberadaan orang tua si anak. Setelah dijawab tidak ada, pelaku lalu masuk ke rumah dan melakukan aksinya. Dari dalam rumah, pelaku berhasil menggondol tiga unit handphone.

Atas peristiwa tersebut, pemilik rumah kemudian melaporkan kepada pihak kepolisian dan saat ini masih proses menunggu hasil file lengkap dari CCTV.

Dari foto rekaman CCTV, pelaku adalah seorang pria mengenakan topi hitam berlogo PLN dan jaket biru berlogo petir. Pada bagian belakang jaket tertulis GLX. Pelaku saat beraksi sambil menghisap rokok.

Pemilik rumah juga sudah melaporkan peristiwa tersebut ke pihak PLN Bogor. Dan dipastikan pelaku bukan petugas PLN.

Berdsarkan info dari PLN, petugas resmi mereka dilengkapi ID Card, seragam non topi dan jaket. Tidak hanya itu, petugas PLN resmi bersikap sopan dan tidak merokok, tidak boleh masuk bila yang ditemui di rumah bukan orang dewasa, tidak memaksa masuk bila rumah kosong dan tidak memasuki wilayah dalam rumah. (ysp)

Baca Juga