Beranda Asian Games 2018

Atraksi Pesawat Meriahkan Kirab Obor Asian Games di Pekanbaru

BERBAGI
Kirab obor Asian Games 2018 di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Riau, Kamis (2/8). (Virda Elisya/JawaPos.com)

PEKANBARU-RADAR BOGOR,Kirab obor api Asian Games 2018 sampai di Kota Pekanbaru, Riau. Acara dipusatkan di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Kamis (2/8) pagi. Tiga pesawat yang melakukan flypass turut memeriahkan kirab.

“Setelah dilaksanakan kirab obor, kami dari TNI AU menampilkan tiga paramotor. Kami simulasikan di sana. Beberapa kali melaksanakan flypass dari tiga pesawat Hawk 100/200,” kata Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Mayor Sus Rindar dalam keterangannya.

Rabu (1/8) kemarin, obor Asian Games diterbangkan dari Bandara Silangit, Sumatera Utara. Setibanya di Bumi Lancang Kuning, api dari New Delhi, India itu langsung dibawa ke Kabupaten Siak. Selanjutnya diinapkan di gedung daerah selama semalam sebelum akhirnya dibawa ke Pekanbaru.

Kirab obor melibatkan sejumlah pejabat daerah. Salah satunya Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Api obor dibawa para pejabat dan atlet dengan berlari kecil dari gedung daerah hingga ke Kantor Gubernur Riau. Lalu diarak keliling Jalan Jenderal Sudirman hingga ke MTQ.

Api kemudian dibawa menggunakan mobil ke Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Sorak sorai dari masyarakat mengiringi jalannya kirab.

Mayor Sus Rindar menyebutkan, ada perbedaan acara saat penyambutan dan pelepasan api obor. “Proses ada perbedaan. Kemarin siapkan tari penyambutan dan pencak silat. Nanti pulangnya hanya penyerahan saja,” terangnya.

Api akan diserahkan Gubernur Riau kepada pimpinan rombongan Torch Relay Asian Games 2018 Marsma TNI Eko Dono Indarto, S.IP. Kemudian obor Asian Games dibawa menggunakan Pesawat C 130 HS Hercules VIP TNI AU, Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, untuk diterbangkan ke Sumatera Barat.

(ica/JPC)

Komentar Anda

Baca Juga