Beranda Pendidikan

Tingkatkan Mutu Dosen, Trilogi Gelar Workshop Simlitabmas 2018

Kepala LPPM Universitas Trilogi, Setia Lenggono (kiri) bersama Rektor Universitas Budi Luhur, Prof. Dr. Ir. Didik Sulistyanto dalam acara pelatihan Simlitabmas 2018 di Jakarta Selatan, belum lama ini. (Ist/Jawapos.com)

JAKARTA – RADAR BOGOR, Universitas Trilogi berkomitmen penuh melakukan peningkatan kompetensi para dosennya. Hal itu sebagai cara universitas menjamin kualitas pendidikan dan pengajaran kepada mahasiswa. Belum lama ini, Universitas Trilogi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menggelar pelatihan Penelitian Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Simlitabmas).

Kepala LPPM Universitas Trilogi, Setia Lenggono mengatakan, kegiatan menghadirkan Rektor Universitas Budi Luhur, Prof. Dr. Ir. Didik Sulistyanto. “Tanggal 4 April lalu kegiatannya, sekarang berlanjut kepada implementasinya. Bagi kami pelatihan mengenai Simlitabmas ini sangat penting, khususnya bagi para dosen,” ujar dia melalui siaran tertulisnya di Jakarta, Selasa (31/7).

Setia mengatakan, Didik dalam pelatihannya memaparkan materi ‘Trik Dan Strategi Memenangkan Hibah Penelitian Kemristekdikti 2018/2019’. Materi ini diharapkan menjadi penyemangat para dosen Universitas untuk melakukan penelitan Simlitabmas 2018/2018.

“Judul tidak lebih dari 20 kata, mencerminkan keseluruhan pekerjaan yang dilakukan dan harus menjual dan boleh agak bombastis,” jelas Setia mencontohkan materi yang disampaikan Didik.

Dijelaskan Setia, pembicara yang notabene menjadi Reviewer Nasional ini memberikan beberapa masukan agar proposal yang dibuat para dosen dapat di-approve oleh reviewer.

“Komposisinya, judul mendapatkan 30% persepsi awal, abstrak mendapatkan lebih dari 25% persepsi awal, latar belakang/pendahuluan mendapatkan 25% persepsi awal, metode mendapatkan 10% persepsi awal dan lainnya hanya mendapatkan 5% persepsi awal,” ungkap Setia.

Pada akhir sesi, lanjut Setia, Didik juga memberikan kesempatan kepada para dosen untuk mengirimkan proposal untuk beliau review. “Termasuk memberikan masukan-masukan agar meningkatnya jumlah Hibah Simlitabmas Universitas Trilogi tahun 2017/2018,” pungkasnya.

(mam/JPC)

Baca Juga