Beranda Olahraga

Piala AFF U-16: Myanmar Bikin Indonesia Kesulitan

BERBAGI
selebrasi pemain usai membuat gol.

SIDOARJO – RADAR BOGOR,  Timnas U-16 Indonesia berhasil meraih kemenangan kedua di grup A Piala AFF U-16 setelah menaklukkan Myanmar dengan skor 2-1 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Selasa (31/7) malam.

Tiga poin ini sudah sesuai prediksi. Tapi, tipisnya skor yang tercipta menunjukkan bahwa permainan Timnas U-16 masih jauh dari kata memuaskan. Berbeda jauh dibanding saat menghajar Filipina U-16 dengan skor 8-0 pada laga sebelumnya.

David Maulana dkk terlihat kurang tenang dalam menyelesaikan peluang. Meski bisa membuat setidaknya lima peluang di babak pertama, hanya dua gol yang tercipta. Di babak kedua lebih parah lagi, dari enam peluang tak satupun menjadi gol.

Indonesia unggul 2-0 atas Myanmar di babak pertama setelah aksi Bagus Kahfi pada menit ke-7 dan 26. Pemain yang menggantikan peran Rendy Juliansyah ini, menunjukkan kelasnya dengan mencetak gol via skema serangan balik yang mumpuni.

Setelah unggul dua gol di babak pertama, pertarungan berjalan seimbang di babak kedua. Myanmar yang cukup bagus dalam melakukan pembinaan usia muda, nyaris mencetak gol pada menit ke-50. Beruntung, kiper Timnas Ernando menggagalkannya.

Setelah melewati menit ke-60, permainan menjadi kasar. Pada menit ke-65, Bagas harus dirawat setelah setelah ditabrak oleh dengan Nyan Lin Htet. Ernando pun sempat emosi karena terprovokasi pemain Myanmar Thaw Zin Htet.

Akibat provokasi tersebut, Ernando membuat lawan diuntungkan. Dia sudah menguasai bola secara penuh. Tapi, karena merasa dihalang-halangi oleh Thaw saat hendak mengumpan, dia menjegal pemain Myanmar tersebut.

Wasit Amdillah Zainuddin pun melihat hal tersebut sebagai pelanggaran dan memberi penalti untuk Myanmar.

Zaw Win Thein yang mengeksekusi bola itu berhasil menceploskan bola ke gawang Indonesia.

Sepakannya pada menit ke-72 tersebut sudah terbaca oleh Ernando dan sempat tertepis. Sayang, bola yang melintir liar itu mengarah masuk ke gawang Indonesia.

Beruntung, sampai laga usai skor tak berubah dan Indonesia kembali mendapatkan tambahan tiga poin.

Saat ini, skuat berjuluk Garuda Asia ada di puncak klasemen grup A dengan enam poin. Vietnam ada di posisi runner-up dengan jumlah poin yang sama. Namun, selisih gol masih lebih baik Indonesia. (dkk/jpnn)

Komentar Anda

Baca Juga