25 radar bogor

Sudah Nikah Tapi Belum Punya Rumah, Pakai Jurus Ini

Ilustrasi
Perumahan murah untuk pasangan muda (Dok. JawaPos.com
Perumahan murah untuk pasangan muda (Dok. JawaPos.com

JAKARTA-RADAR BOGOR,  Pasangan yang ideal, tentu berencana untuk memiliki rumah sendiri setalah menikah. Namun, jika sudah terlanjur menikah tapi belum memiliki rumah terdapat lima tips yang dapat untuk mewujudkan kepemilikan rumah.

Mengutip situs resmi rumah123.com, Pertama, sisihkan 15-30 persen gaji. Bisa gaji salah satu, pasangan maupun gabungan. Setidaknya dari menabung persentase gaji tersebut, mampu membayar uang muka atau Down Payment (DP) rumah.

Apalagi kabar baiknya, mulai 1 Agustus 2018, mengacu pada kebijakan baru Bank Indonesia, bisa beli rumah tanpa PD. Tapi, lebih baik sih kalau membayar DP meskipun rendah semisal DP 1 persen atau 5 persen. Karena kalau sudah membayar DP, akan meringankan nominal cicilan per bulannya.

Kedua, diskusikan masalah keuangan. Jika kedua pasangan tidak terbuka soal keuangan, dijamin langkah menyisihkan uang dari penghasilan tak akan berjalan baik. Ujungnya, akan kesulitan mengatur keuangan. Berapa penghasilan yang yang pasangan terima dan akan dibelanjakan apa aja itu harus dibicarakan berdua secara terbuka.

Ketiga, buat rekening atau tabungan bersama. Hal ini penting banget untuk menyisihkan penghasilan yang pasangan terima. Jadi, kamu bisa membedakan mana dana untuk sehari-hari dan mana dana untuk beli rumah.

Keempat, jangan lewatkan kesempatan promo yang ditawarkan pengembang. Apalagi kalau si pengembang baru me-launching proyek huniannya. Pastinya banyak keringanan pembayaran yang bisa didapatkan.

Kelima, manfaatkan promo suku bunga dari pihak bank atau program pemerintah semisal program subsidi atau FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan).

(mys/JPC)