25 radar bogor

Kasus Kekerasan Seksual Meningkat, KPAID Kota Bogor: Penghargaan Kota Layak Anak Terancam

Ilustrasi oknum guru SMPN 1 Cigombong terduka pelaku asusila.
Ilustrasi oknum guru SMPN 1 Cigombong terduka pelaku asusila.
Ilustrasi pencabulan

BOGOR-RADAR BOGOR, Penghargaan Kota Layak Anak yang diterima Pemkot Bogor tahun lalu ternyata tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Kasus kekerasan seksual mengalami peningkatan di Kota Bogor.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kota Bogor, Dudih Syiarudin, menyayangkan meningkatnya kasus kekerasan seksual terhadap anak.

“Kalau tingkat kasus yang sampai ke KPAI ada saja. Entah itu pengaduan, atau bahkan kita mengawal tuntas kasus itu,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Rentetan kasus yang terjadi, sambung dia, bisa saja membuat Pemkot Bogor tak lagi mendapat penghargaan sebagai Kota Layak Anak di tahun ini.

Sementara itu, Wali Kota Bima Arya menga­takan, saat ini pihaknya terus menggiatkan dan mendukung program-program yang menya­ngkut dengan pemenuhan hak anak untuk hidup, tumbuh berkembang, dan berpartisipasi secara wajar dalam berbagai bidang.

“Ini bertujuan agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara wajar dan optimal, baik fisik, mental, sosial maupun intelektualnya,” ujar Bima. (fik/c)