25 radar bogor

Karoseri Kendaraan: Soulmate Bisnis Bagi Pengusaha Kargo

Boks kendaraan hasil karoseri Karoseri Adicitra Bhirawa (Istimewa)
Boks kendaraan hasil karoseri Karoseri Adicitra Bhirawa (Istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGORKendaraan komersial yang diperuntukkan bagi bisnis kargo tak bisa dilepaskan dari bisnis karoseri. Ceruk pasar inilah yang diincar oleh Freddy Pangkey, founder & principal conceptor Adicitra Bhirawa, karoseri Asal Surabaya.

Tak heran jika segmen pasarnya terbilang luas. Mencakup berbagai pelosok kota di pulau Jawa. Tentu dengan beragam usaha. Mulai dari perusahaan rokok sekala nasional, hingga distributor anak ayam. Bahkan seringkali pula mereka menerima permintaan untuk memperbaiki mobil niaga hasil karya karoseri lain.  “Kita terima juga permintaan khusus seperti itu,”ujar Freddy.

Adicitra menempati lokasi pabrik baru di atas lahan 9.000 meterpersegi, di jalan Mastrip Karang Pilang, Surabaya.  Agar karyawan tak merasa gerah saat bekerja, atap bangunan menggunakan bahan khusus sehingga di dalam pabrik terasa lebih adem. Lantai kerja pun selalu dibersihkan. Alhasil tak pernah ada serbuk pemotongan sisa produksi.

Untuk memuaskan pelanggan, Adicitra selalu menggunakan material alumunium terbaik. “Kita menggunakan alumunium YKK AP H4100 dan KOS H8602 standar Jepang,”ujar Freddy.

Sementara itu menurut Priska Pangkey, managing director Adicitra, untuk bertahan di bisnis ini,harus terus berinovasi. Terlebih lagi kompetisi di dunia karoseri terbilang tinggi. Salah satu cara agar bisa terus berkembang di usaha ini ialah selalu ingin memuaskan pelanggan.  “Kita pun harus konsisten dengan kualitas,”paparnya.

Demi kepuasan pelanggan pula, Adicitra pun menawarkan jasa ‘karoseri sehari jadi’. Artinya hanya dalam tempo maksimal 24 jam, mobil niaga Anda sudah ada di depan mata. Tentu agar semua lancar, surat kendaraan harus lengkap. “Karena percuma.  Kita kerjakan bisa sehari, tapi kalau suratnya belum lengkap, kendaraannya belum bisa keluar (dari karoseri),”ujar Priska.

Karoseri ini menawarkan  kendaraan bak kayu Eco Labeled Laminated Veneer Lumber (LVL). Kayu jenis ini dikembangkan dengan cermat. Sehingga tahan air dan lebih ringan.  Berkat bobot kayu yang ringan, jelas akan menekan konsumsi bahan bakar minyak.

Hasil inovasi lainnya yaitu aluminium box composite. Produk ini dirancang khusus supaya pas untuk mobila niaga. Seperti Daihatsu Grand Max dan Suzuki Mega Carry Extra.  Keberadaan produk ini diharapkan bisa jadi solusi bagi konsumen yang ingin memiliki mobil box aluminium berukuran kecil.

Berbagai desain dan teknologi berbeda juga disiapkan. Di antaranya yaitu dump truck yang dilengkapi sistem hidrolik dengan teknologi asal Kanada. Tak seperti sistem lainnya, hidrolik ini ditanam pada bagian depan bak. Sehingga lebih stabil. Selain itu, hidrolik ini masih difungsikan, walau mesin dalam keadaan mati.

 

(tjb/JPC)