25 radar bogor

Bambulogy Ingin Bambu Jadi Berkelas

Hasil karya tim Bambulogy dalam sebuah rumah bambu yang berkelas dan istimewa. (bambulogy)
Hasil karya tim Bambulogy dalam sebuah rumah bambu yang berkelas dan istimewa. (bambulogy)

JAKARTA-RADAR BOGOR,  PT Bambulogy Property Indonesia menciptakan produk bahan bangunan yang berasal dari bambu sebagai pengganti kayu, beton dan lainnya. Perusahaan ini menjadi yang pertama di di negeri ini.

Syamsurizal Munaf sebagai pendiri Bambulogy mengungkapkan, perusahaannya ingin bambu asli indonesia menjadi istimewa dan berkelas. Selain mempunyai nilai arsitektur dan seni.

Bambulogy juga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat mendukung program pemerintah dalam melestarikan dan menjaga lingkungan hidup. Karena di negara ini banyak sekali bambu dengan segala variannya.

“Bambu kami manfaatkan lewat bambulogy untuk membuat rumah dan rumah panggung dari bambu. Banyak daerah di Indonesia sangat kental dengan rumah panggungnya,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bambulogy Property Indonesia Audhy Fernando menambahkan, konsep Bambulogy memiliki keunggulan nilai arsitektur dan estetika. Apalagi, dengan membudidayakan tanaman bambu untuk turut meningkatkan taraf hidup petani bambu melalui pemanfaatan bambu secara optimal menjadi bahan bangunan yang berkualitas.

“Jangan khawatir, untuk kekuatannya sudah diuji. Bambu ini bisa dipesan utk membuat rumah, jembatan, atau apapun sebagai penganti bahan kayu. Ini sangat ramah lingkungan,” papar Audhy.

Bambu, kata Audhy, merupakan salah satu sumber daya alam terbaik Indonesia. Apalagi Bambu menghasilkan lebih banyak oksigen dan menyerap lebih banyak karbon dioksida daripada pohon. Dunia yang lebih sehat akan muncul jika ada lebih banyak bambu yang ditanam.

Selain itu, bambu memiliki sistem akar yang tersebar luas serta kanopi yang menyelimuti, yang membuatnya menjadi penghalang air yang besar untuk mengendalikan erosi tanah. Konsumsi nitrogen yang tinggi dari bambu membantu mengurangi pencemaran air, dan akarnya sangat bagus untuk kualitas tanah.

Bambu memiliki potensi untuk mencapai tinggi dan ketebalan penuh dalam 3 hingga 4 tahun, dan siap dipanen secara berkelanjutan antara tahun ke-3 dan ke-7 dan dapat terus dipanen hingga 40 tahun. Dengan Bambulogy, alam dilindungi.

(jpg/JPC)