25 radar bogor

Field Course di Pulau Tinjil, Rektor IPB: 27 Tahun jadi Agenda Rutin

Rektor IPB saat pers conference pada awak media
BOGOR-RADAR BOGOR,Tenggelamnya kapal perahu KM Orange di area pintu masuk Muara Binuangeun yang membawa pulang rombongan field course di pulau Tinjil masih menyisakan duka bagi civitas Institut Pertanian Bogor (IPB).
Rektor IPB, Arif Satria mengatakan, kapal yang dinahkodai Juber penumpang berjumlah 24 orang, termasuk nahkoda dan anak buah kapal (ABK).
“Kegiatan ini sudah 27 tahun rutin dilakukan tidak ada masalah sedikitpun, karena nahkodanya pun yang memang sudah paham situasi setempat, dan sekali lagi ini murni karena musibah, kecelakaan,” ungkapnya saat pers conference pada awak media, kemarin.
Ia menegaskan, kejadian bukan di tengah laut. Saat perjalanan aman, hanya pada saat menjelang masuk pelabuhan menghantam ombak.
“Jadi field course pulau Tinjil 2018 ini diselenggarakan oleh pusat studi satwa primata (PSSP) lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LPMM) institut pertanian Bogor (IPB),” tuturnya.
Arif menambahkan jika rombongan sudah melakukan instruksi sesuai SOP keselamatan.
“Semua penumpang di kapal menggunakan jaket pelampung (life vest), jadi seluruh penumpang menggunakan jaket pelampung,” bebernya. (cr4)