25 radar bogor

UMKM Harus Berkembang di Tengah Perubahan Zaman, Iriana: KembangnkanBisnis Online

Ibu negara, Iriana Joko Widodo (dok.Jawapos)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Istri Presiden Joko Widodo, Iriana Jokowi menekankan pentingnya para Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) untuk terus berkembang. Apalagi, kemajuan zaman akan memaksa para pelaku usaha kecil itu untuk mengikutinya.

Hal yang dimaksud oleh Iriana adalah pemanfaatan bisnis online yang kian berkembang. Menurutnya, para UMKM perlu memanfaatkan bisnis online yang memberi kemudahan kepada para konsumennya. Di sisi lain, menjual produk dengan sistem online lebih murah dan mudah.

“Seiring persaingan global UMKM harus terus meningkatkan inovasinya. Harus bisa juga untuk mengembangkan online,” ujarnya di JCC, Jakarta, Jumat (20/7).

Dia menambahkan, kehadiran UMKM perlu terus didorong agar berkembang. Meski tidak besar, kontribusi pelaku usaha kecil itu dinilai cukup menjanjikan bagi perekonomian Indonesia.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar seluruh instansi maupun kementerian terkait bisa membantu para UMKM untuk melebarkan sayap bisnisnya. Syukur-syukur, semakin banyak pelaku usaha kecil berdaya saing tinggi.

“UMKM adalah tulang punggung nasional yang mempekerjakan banyak orang,” tandasnya.

(ce1/hap/JPC)