25 radar bogor

Solok Diguncang Gempa 5,4 SR, Sejumlah Rumah Rusak

RUSAK: Kondisi rumah korban jiwa akibat kejadian gempa bumi 5,4 SR yang mengguncang Sumbar, Sabtu (21/7) sore di Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumbar. (Istimewa)

SOLOK-RADAR BOGOR,Selain menewaskan seorang warga Kabupaten Solok, gempa berkekuatan 5,4 SR yang mengguncang Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (21/7) sekira pukul 14.58 WIB juga sejumlah rumah warga dan melukai korban di bagian Selatan Kabupaten Solok.

Dari informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, Sumbar, hingga kini, pihaknya baru mencatat dua kawasan yang terdampak gempa tektonik tersebut. Pertama, di kawanan Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang. Kemudian, di kawasan Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar.

Di Nagari Batang Barus, ditemukan satu unit rumah hancur, dan bahkan merenggut nyawa pemiliknya Bustami Buyuang, 63, yang saat kejadian tengah terlelap tidur. Sedangkan di Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, gempa merusak dua unit rumah.

“Data sementara, baru tiga rumah yang rusak akibat gempa di Kabupaten Solok,” kata Kalaksa BPBD Kabupaten Solok, Edwar kepada sejumlah awak media Solok, Sabtu (21/7).

Selain kerusakan dua unit rumah di kawasan Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, dua warga yang tengah berada di masing-masing rumah tersebut juga mengalami luka ringan akibat tertimpa runtuhan. Keduanya, Bobi, 7, dan Diah, 16.

Hingga sore ini, petugas BPBD Kabupaten Solok terus melakukan pendataan dampak guncangan gempa. Termasuk menyalurkan logistik terhadap korban yang ditimpa bencana.

Sementara itu BMKG juga menegaskan, bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Warga diminta tenang dan tetap waspada, serta tidak mudah mempercayai isu yang tak jelas sumbernya. (rcc/JPC)