25 radar bogor

Pemdes Cikuda Bangun Jalan Pakai Conblock

PAKAI CONBLOCK: Warga membangun jalan lingkungan (jaling) menggunakan conblock.

PARUNGPANJANG-RADAR BOGOR,Pemerintah Desa (Pemdes) Cikuda, Kecamatan Parungpanjang membangun infrastruktur jalan lingkar dalam dengan conblock. Puluhan warga nampak antusias ikut bergotong royong membangun jalan.

Pasalnya, Jalan Kampung Panyembir RT 02/03 Desa Cikuda yang merupakan akses dua kecamatan (Parungpanjang dan Rumpin) ini mempermudah warga beraktivitas, seperti pergi beribadah dan pergi ke pasar.

Sudah puluhan tahun jalan ini belum dibangun. Kondisinya sangat memprihatinkan dan licin jika diguyur hujan.

”Kalau sudah dibangun jadi enak untuk pergi ke pesantrenannya, tidak licin lagi,” ungkap salah seorang warga, Barokah (20).

Warga lainnya, Sukron (32) mengatakan kalau dulu jalan ini hanya setapak dan licin, jadi susah dilalui. Setelah warga bermusyawarah dan mengajukan ke Pemerintah Desa (Pemdes) Cikuda, akhirnya jalan itu dibangun. ”Alhamdulillah, warga tidak kesulitan lagi melintasi jalan ini,” imbuhnya.

Sukron menambahkan, jalan ini menghubungkan dua kecamatan, Rumpin dan Parungpanjang.

”Warga kampung perbatasan masuk Kecamatan Rumpin itu kalau mengajinya juga ke sini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cikuda Samyani mengatakan, pembangunan jalan lingkungan dengan conblock ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan warga desa.

”Mudah-mudahan memberi dampak yang baik untuk warga. Selain memberi kenyamanan warga beraktivitas, juga bisa meningkatkan perekonomian warga,” tandasnya.(wil/c)