25 radar bogor

Ketik Kata ‘Idiot’ di Google, Muncul Foto Donald Trump. Kok Bisa?

Presiden AS Donald Trump.
Presiden AS Donald Trump.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Donald Trump adalah sosok Presiden Amerika Serikat (AS) yang kontroversial. Maka tak heran, banyak pihak yang mengolok Donald Trump dengan segala cara, termasuk di dunia maya.

Salah satu cibiran terhadap Donald Trump yang dilakukan adalah membuat fotonya muncul di laman pencarian Google Image ketika pengguna mengetik kata “Idiot”.

Ya, dilansir CNET pada Jumat (20/7/2018), ketika kamu beranjak ke Google Image dan mengetik kata tersebut, foto-foto yang muncul di pencarian teratas adalah foto orang nomor satu di AS ini.

Lantas, mengapa bisa muncul foto Donald Trump saat pengguna mengetik kata Idiot? Apakah ini merupakan kekeliruan yang dilakukan Google, atau ada pihak tertentu yang menyabotase kejadian ini?

Usut punya usut, hal tersebut ternyata dilakukan oleh aktivis online yang merupakan kubu pembenci Donald Trump. The Guardian melaporkan, aktivitas ini juga merupakan pengguna forum Reddit yang mengunggah foto-foto Donald Trump dengan kata Idiot di platform tersebut.

Foto-foto yang diunggah bersamaan dengan kata Idiot ini, ternyata mendapatkan upvote terbanyak di Reddit. Jelas saja, foto-foto Donald Trump akan muncul di pencarian utama Google Image.

Untuk diketahui, hal tersebut bisa terjadi karena metode algoritma Google untuk memprioritaskan informasi berdasarkan pencarian.

Karena foto Donald Trump di Reddit mendapatkan perhatian besar dari upvote, maka foto tersebut ada di deretan teratas Google Image.

“Mesin pencarian adalah refleksi konten dan informasi yang tersedia di internet. Jadi, hasil pencarian di Google mengandalkan algoritma dengan ribuan faktor untuk mengkalkulasikan relevansi sebuah laman,” ujar Google dalam pernyataannya. (ysp)