25 radar bogor

Mencekam! Detik-detik Perahu Nelayan Tenggelam Diterjang Ombak, 5 Meninggal , 7 Hilang, 9 Selamat.

Ilustrasi Perahu Tenggelam.
Ilustrasi Perahu Tenggelam.

JEMBER-RADAR BOGOR, Tragedi naas diperairan kembali terjadi. Kali ini sebuah perahu nelayan tenggelam diterjang ombak di perairan Pelawangan, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (19/7/2018) pagi.

Perahu tersebut berpenumpang 21 orang. Lima diantaranya meninggal dunia, 9 selamat dan 7 lainnya hilang. Kapal tenggelam sekitar pukul 08.15 WIB.

“Yang tenggelam perahu payang bernama Joko Berek yang dinahkodai Haji Dirman (50),” kata Kepala Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo.

Dirman adalah warga Dusun Mandaran I, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger. Saat itu ia bersama anak buah kapalnya pulang melaut. Kapal karam begitu dihantam ombak di Pelawangan.

Pelawangan adalah kawasan perairan laut selatan tempat kapal keluar dan masuk dari muara Besini. Dalam bahasa Jawa, Pelawangan artinya pintu. Beberapa kali kecelakaan laut yang memakan korban terjadi di kawasan ini.

Saat ini petugas kepolisian bersama SAR dan relawan tengah berusaha mencari korban-korban yang hilang.

Detik-detik tenggelamnya perahu nelayan itu terekam kamera video amatir warga. Tampak ombak besar menggulung kapal yang sudah dalam keadaan terbalik dan sudah ditinggal awaknya.

Sejumlah penumpang tampak menyelamatkan diri dengan berenang ke pantai. Begitupun barang-barang yang ada dalam perahu juga terlihat mengambang di laut.

Saat perahu dihantam ombak besar, sejumlah warga yang menyaksikan di pantai menjerit dan menangis. “Yak opo iku rek,” kata seorang perempuan.

https://www.youtube.com/watch?v=eh4CzxekWlU&feature=youtu.be

(ysp)