25 radar bogor

Milenials Harus Beli Tipe Kecil untuk Rumah Pertama, Ini Alasanya

(ilustrasi/ perumnas) LEBIH MUDAH: KPR Sejahtera memberikan kemudahan kepada nasabah untuk memiliki rumah.
ilustrasi

JAKARTA-RADAR BOGOR,Sejak Bank Indonesia (BI) mengeluarkan aturan pelonggaran Loan To Value (LTV) untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kini masyarakat dapat membeli rumah dengan uang muka atau Down Payment (DP) 0 persen atau rumah tanpa DP.

Bagi impian anak muda atau kaum generasi milenials yang ingin memiliki rumah dapat terwujud. Namun, saat ini lokasi merupakan hal penting saat beli properti. Ada juga yang menambahkannya dengan konsep, bukan cuma lokasi. Kalau lokasi dan konsep hunian udah pas di hati, yang sedang mencari hunian pertama, masih ada hal penting lain yang harus kamu perhatikan, yakni tipe rumah.

Mengutip situs resmi rumah123.com, untuk rumah pertama, sebaiknya pilih bertipe kecil saja. Lantaran harga yang lebih terjangkau. Rumah tipe kecil yakni 36/72 atau 45/72 lebih terjangkau dari sisi harga. Poin ini penting untuk milenial yang secara finansial masih dalam taraf belum mapan.

Selain itu, stoknya pun lebih banyak. Rumah bertipe kecil itu stoknya lebih banyak di hampir semua proyek yang dibangun pengembang. Perbandingan rumah tipe kecil dengan tipe sedang (di atas 45/72) dan tipe besar (di atas 90/120) cukup signifikan. Stok rumah tipe kecil bisa mencapai 50 persen dari total hunian yang ditawarkan pengembang.

Disisi lain, perawatannya pun lebih mudah. punya rumah yang hanya terdiri atas 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi, tentunya lebih praktis dan gampang merawatnya sehari-hari. Selain itu, ruah bertipe kecil tak perlu mempekerjakan banyak asisten rumah tangga (ART), satu aja sudah cukup. Konsumsi listrik dan air pun jadi lebih hemat karena kamu gak butuh listrik berdaya tinggi. Jadi, pengeluaran untuk ART, listrik, dan air bisa lebih irit.

Rumah tipe kecil lebih mudah terjual jika suatu saat ingin menjualnya. Karena orang selalu butuh rumah dan harga yang relatif terjangkau adalah rumah bertipe kecil. Kebutuhan rumah pertama akan terus tinggi.

(mys/JPC