Beranda Olahraga All Sport

Wiji Berjaya di Banyuwangi

BERBAGI
IST
UNGGULAN: Wiwit (kiri) saat beraksi di Banyuwangi International BMX Competition 2018.

BANYUWANGI–RADAR BOGOR, Pembalap sepeda tim nasional Indonesia Wiji Lestari kembali finis pertama di kelas junior women pada hari kedua Banyuwangi International BMX Competition 2018, Minggu (15/7) siang di Sirkuit Muncar. Pembalap tim nasional lainnya, yakni I Gusti Bagus Saputra keluar sebagai pemenang pada kelas elite men.

Setelah menjadi yang tercepat pada hari pertama, Wiji kembali tampil impresif sepanjang babak kualifikasi hingga final race pada hari kedua. Pembalap asal Blitar, Jawa Timur (Jatim) tersebut mengungguli dua rider asal Malaysia, yakni Shahirah Hashim (Terengganu) dan Siti Natasha Basri (Selangor Team).

Keberhasilan Wiji di Banyuwangi mengangkat optimisme tim nasional Indonesia pada Asian Games 2018 nanti. Wiji adalah pembalap yang dipersiapkan untuk menggantikan tempat Elga Kharisma yang tengah dibekap cedera. Wiji akan berduet dengan wakil Jawa Barat (Jabar), Cupi Novianti. Sebagai rider muda, Wiji harus bersaing ketat dengan pembalap-pembalap dunia lainnya.

“Kalau bicara jam terbang, Wiji mungkin kalah dengan pembalap Tiongkok dan Jepang. Kami juga harus mewaspadai Thailand,” sebut Kabid Binpres PB ISSI a Trihartono kepada JawaPos.com, Minggu siang. Walaupun kalah jam terbang, Wiji diharapkan bisa membuat kejutan pada Asian Games 2018 nanti.

“Dengan rute yang ada, kami akan push kekuatan anak-anak. Kans kami masih terbuka. Anak ini masih muda, masih banyak kesempatan. Apalagi kami akan mendapatkan dukungan dari suporter. Itu strategi kami,” ujarnya.

Selain Wiji, rider tim nasional Indonesia lain yang sukses finis pertama adalah I Gusti Bagus Saputra. Pembalap asal Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut menjadi yang tercepat pada nomor elite men. Ia mengungguli M. Khabibur Rohman asal ISSI Kendal dan Kyle Green dari Australia.

Race final kelompok elite men diwarnai crash antara dua pembalap tim nasional Indonesia, yakni Toni Syarifudin dan Rio Akbar di tanjakan pertama. Walaupun sempat terjatuh, Toni berhasil melewati sejumlah pembalap internasional hingga finis di posisi keempat. Sedangkan Rio Akbar melorot ke peringkat ketujuh.(saf)

Baca Juga