25 radar bogor

RSUD Cibinong Tangani Ribuan Bacaleg

Direktur RSUD
Empat direktur RSUD di Kabupaten Bogor hasil seleksi terbuka belum juga dilantik hingga kini.
RSUD Cibinong (rsudcibinong.bogorkab.go.id)

CIBINONG-RADAR BOGOR,Pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) berakhir hari ini. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong mencatat sekitar 3.000 bacaleg melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal itu diungkapkan Wakil Direktur (Wadir) Administrasi ERA Kustomi.

“Tadi saya periksa pukul 15.30 WIB tercatat total kurang lebih 3.000 orang,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (16/7).

Pria yang akrab disapa Tomi ini menuturkan, membeludaknya pasien pemeriksa kesehatan karena RSUD Cibinong menjadi rumah sakit rujukan regional terakreditasi yang memenuhi syarat sebagai tempat pemeriksaan kesehatan dalam rangka pemenuhan syarat calon anggota DPR, DPD dan DPRD pada Pemilu 2019.

Bahkan, dalam waktu satu hari bisa mencapai 150 orang melakukan pemeriksaan kesehatan. Namun yang membedakan, kata Tomi, para bacaleg harus mengikuti psikotes dengan 560 soal yang kurang lebih yang dikerjakan selama dua jam.

“Kalau yang lainnya sama seperti pemeriksaan darah, tinggi badan dan urine,” tuturnya.

Berdasarkan catatan, Tomi mengungkapkan, mereka yang melakukan pemeriksaan bukan hanya bacaleg asal Kabupaten Bogor.

Melainkan Kota Bogor, Kota Depok bahkan Bekasi. Meski pelayanan dibuka mulai Senin hingga Sabtu dari pukul 08.00 hingga 16.00, hasil pemeriksaan baru bisa diperoleh setelah menunggu dua atau tiga hari.

“Karena dalam satu hari kita bisa melayani sampai 150 orang,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, RSUD Cibinong masuk dalam daftar rumah sakit rujukan regional terakreditasi yang memenuhi syarat sebagai tempat pemeriksaan kesehatan pemenuhan syarat calon anggota DPR, DPD dan DPRD pada Pemilu 2019 selain Rumah Sakit Paru Dr Goenawan P Cisarua dan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr H Marzoeki Mahdi.(gal/c)