25 radar bogor

Longsoran Makin Membahayakan

LONGSOR: Warga RT 02/01 Kelurahan Gunungbatu, harus waswas akibat longsor di wilayahnya.
LONGSOR:Warga RT 02/01 Kelurahan Gunungbatu, harus waswas akibat longsor
di wilayahnya.

BOGOR–RADAR BOGOR,Lambatnya respons Pemkot Bogor, membuat warga RT 02/01, Kelurahan Gunung Batu harap-harap cemas. Sisa longsoran dengan patahan besi-besi besar yang membentang, bisa membuat rumah warga terperosok ke Sungai Cisadane kapan saja.

Setiap hujan turun, Widya (28), warga yang rumahnya berbatasan langsung dengan lokasi longsoran itu sudah pasti khawatir. Benar saja, pascalongsor pada Hari Raya Idul Fitri Jumat (15/5) lalu, tebingan setinggi lima meter itu sempat kembali terkikis.

“Kalau ada longsor lagi bisa ketarik semua sampai ke rumah,” ucapnya saat ditemui Radar Bogor, kemarin (16/7).

Belakangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor memang sudah memasangi tempat longsoran itu dengan terpal. Hanya, dua besi besar itu hingga kini masih dengan posisi setengah ambruk.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bogor, Budi Hendrawan mengaku sudah melakukan tindakan awal saat terjadi longsoran. Pihaknya menutup longoran yang berdekatan dengan Jembatan Sarijan itu menggunakan terpal.

“Kami sudah penanganan darurat,” ucapnya ketika dikonfirmasi.

Hanya, BPBD Kota Bogor kini masih terkendala komunikasi dengan beberapa institusi lain yang terlibat sebagai pemilik besi.

Meski begitu, untuk penanganan longsoran di tebingan dekat rumah Widya, Budi belum bisa memastikan apakah perbaikannya bisa digarap oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor. Sebab, jalan tersebut disebut-sebut sebagai jalan Provinsi Jawa Barat.(fik/c)