Beranda Bogor Raya Cibinong

Festival Tari hingga Kuliner Bali

EKPRESIF: Salah satu peserta unjuk gigi pada festival tari rejang renteng di aula Pura Raditya Dharma Cibinong, kemarin (15/7).

CIBINONG–RADAR BOGOR, Festival tari rejang renteng di wantilan (aula) Pura Raditya Dharma Cibinong telah berakhir, Minggu (15/7). Tak tanggung-tanggung, peserta lomba berasal dari empat provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, terakhir Provinsi Lampung.

“Kami surprise, ternyata minat peserta mengikuti lomba sangat tinggi. Bahkan, target kami tadinya peserta hanya berasal dari wilayah Jabodetabek, ternyata hingga ke provinsi Banten dan Lampung,” ujar Ketua panitia lomba, I Wayan Budiarta.

Dalam lomba tersebut, kata dia, setiap peserta terdiri dari 15 hingga 20 orang ibu-ibu yang harus tampil menari secara kompak dan harmonis.
Selain lomba tari, di tempat yang sama juga diadakan festival kuliner Bali. Di sana disediakan stan-stan yang menyajikan makanan khas tradisional Bali. Seperti nasi lawar, sate lilit, tum, tipat santok, kue laklak, dan kuliner khas Bali lainnya.

Ketua Banjar Cibinong, I Wayan Madik Kesuma menga­takan bahwa acara ini bertujuan untuk melestarikan budaya leluhur terutama di era globalisasi.

“Festival ini juga masih berkaitan dengan rangkaian acara Pujawali Pura Raditya Dharma Cibinong yang jatuh pada Sabtu, sehari sebelumnya. Misi lain kami juga ingin menggalang dana untuk pembangunan pura baru di daerah Jonggol,” ujarnya.

Dalam lomba ini turut meng­hadirkan juri yang sangat kompeten di bidangnya. Yakni, I Gusti Kompyang Raka, Gusti Ayu Raka, dan I Wayan Arnawa.

Di akhir acara, diumumkan pemenang lomba tari. Juara satu diraih peserta dari Jakarta Selatan, juara dua dari Cibubur, dan juara tiga dari Bekasi. Ada juga juara harapan 1 yang diraih peserta dari Bandung Timur, juara harapan dua dari Banten, dan harapan tiga dari Depok.(ded/*)

Baca Juga