Beranda Pendidikan

Birrul Waalidain Buka Ponpes

BERBAGI
 MASA PENGENALAN: Badut menghibur siswa-siswi Birrul Waalidain di hari pertama masuk sekolah, kemarin. (Birrul for Radar Bogor)

KEMANG–RADAR BOGOR,Ponpes Birrul Waalidain Kemang, Kabupaten Bogor, tahun ini membuka asrama bagi santri atau siswa-siswi yang bermukim.

“Alhamdulillah sudah ada tempat buat asrama putra dan putri 2018. Perlengkapan, baik itu gedung maupun lemari dan kasur, sudah siap,” beber Ketua Yayasan Birrul Waalidian, Memed Jalaludin.

Langkah berikutnya, sam­bung Memed, santri angkatan per­tama pada 14 Juli 2018 lalu, kumpul dengan orangtua­nya, untuk rapat pembahasan me­ngenai program selama putra-putrinya tinggal di ponpes. Setelah itu mereka akan tinggal untuk mengikuti program pe­santren juga program-program sekolah.

Untuk program sekolah tingkat SMP, kata Memed, setiap hari mereka mengikuti kegiatan reguler sekolah mulai pukul 07.00–16.00. Pada saat mengikuti pembelajaran di sekolah, mereka akan mendapatkan materi sekolah sebagaimana biasanya.

“Ditambah dengan materi akidah, akhlak, ilmu fiqih, ke­mudian ibadah-ibadah praktis lainnya, seperti salat Dhuha. Salat Dzuhur berjamaah diisi tausiyah santri untuk santri dipandu guru yang ditugaskan,” tuturnya.

Khusus sore, menjelang dan setelah ashar, ada pembe­lajaran dan pengulangan me­tode terjemahan Alquran dan kitab kuning. Harapannya, agar santri yang bermukim maupun tidak, tetap memperoleh pelaja­ran tamyiz untuk memperdalam isi terjemahan Alquran dan penguasaan kitab kuning.

Lebih lanjut ia menjelaskan, khusus untuk santri yang tidak bermukim diperbolehkan pulang pukul 16.00. Dan bagi santri yang bermukim, bisa diisi dengan kegiatan olah­ra­ga, bersih-bersih sampai pu­kul 16.30.

Setelah itu, itu mereka masuk ke musala untuk me­ngulang hafalan Alquran man­diri sampai magrib dan salat Magrib berjamaah. (cr4/c)

Baca Juga