25 radar bogor

Tercipta 6 Fakta Menarik Final Piala Dunia 2018

Suasana laga final Piala Dunia 2018 Prancis vs Kroasia.
Suasana laga final Piala Dunia 2018 Prancis vs Kroasia.

RADAR BOGOR-Piala Dunia 2018 berakhir dengan kemenangan Prancis. Di laga final, Minggu (15/7/2018) malam WIB, Les Bleus menang 4-2 atas Kroasia.

Tampil di Stadion Luzhniki, gawang Kroasia jebol lewat gol bunuh diri Mario Mandzukic menit 18, Antoine Griezmann menit 38, Paul Pogba menit 59, dan Kylian Mbappe menit 65. Sementara gawang Prancis kecolongan lewat Ivan Perisic menit 28 dan Mario Mandziukic menit 69.

Sepanjang pertandingan, FIFA mencatat ada enam fakta menarik yang patut untuk disimak. Berikut rangkumannya:

1. Striker Timnas Prancis, Kylian Mbappe jadi pemain termuda setelah Pele yang mampu mencetak gol di pertandingan final Piala Dunia. Saat melakukannya usia Mbappe baru 19 tahun.

2. Setelah Brasil di Piala Dunia 1970, Prancis jadi negara kedua yang bisa menorehkan empat gol di pertandingan final.

3. Termasuk Piala Dunia 2018, sepanjang sejarah lahir enam tendangan penalti di partai puncak turnamen. Dari semua itu hanya satu yang gagal dimaksimalkan menjadi gol.

4. Semua gol pertama yang didapat Prancis pada fase gugur Piala Dunia 2018 berawal melalui bola mati.

5. Striker Kroasia, Mario Mandzukic jadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak gol bunuh diri di final Piala Dunia.

6. Kroasia unggul penguasaan bola 61 persen banding 39 persen. Tapi Prancis bermain lebih efektif karena dari delapan tembakan, enam di antaranya dapat megarah ke gawang. Sementara Kroasia, dari 15 percobaan cuma tiga peluang yang mengarah ke gawang Prancis. (ysp)