Beranda Bogor Raya

LRT Mulai Beroperasi Agustus

DIKEBUT: LRT Jabodetabek ditargetkan beroperasi pada Agustus 2018.

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Proyek light rail transit (LRT) saat ini masih dalam pembangunan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun yakin LRT Jakarta bisa dioperasikan saat perhelatan Asian Games 2018 mendatang.

“Optimis. Kita resmikan bisa tanggal 10,” ujarnya.

Untuk itu, LRT Jakarta akan diresmikan sebelum pesta olahraga multicabang se-Asia tersebut dimulai. Pihaknya pun akan melakukan sertifikasi proyek LRT Jakarta dalam waktu dekat. Sehingga target pengoperasian LRT Jakarta sebelum Asian Games 2018 bisa tercapai.

“Jadi, kita upayakan apa yang sudah dikerjakan kita segera sertifikasi,” ujarnya.

Menurut Budi Karya, LRT Jakarta nantinya pada fase dua akan diteruskan sampai Tanah Abang, Jakarta Pusat. Apabila itu terwujud, maka akan ada interkoneksi antar moda tramsportasi seperti mass rapid transit (MRT), bus dan lain sebagainya.

Sementara itu, sebelumnya PT KAI selaku BUMN yang mendapat penugasan membangun dan mengoperasikan LRT Jabodebek memperoleh suntikan modal Rp3,6 triliun. Itu dilakukan sebagai bentuk dukungan pemerintah pada proyek strategis nasional (PSN).

Suntikan dana pada PT KAI diberikan pemerintah melalui penambahan penyertaan modal negara (PMN) ke dalam modal PT KAI melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2018.

PP ini merupakan perubahan terbaru dari PP Nomor 49 Tahun 2017 dan merupakan tindak lanjut dari PP Nomor 98 Tahun 2015 mengenai Percepatan Penyelenggaran Kereta Api Ringan terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi.(*/net)

Baca Juga