25 radar bogor

Jangan Ada Perpeloncoan di MPLS

PAHAM: Penanaman nilai sekolah saat MPLS.
PAHAM: Penanaman nilai sekolah saat MPLS.

BOGOR–RADAR BOGOR,Tahun pelajaran 2018/2019 dimulai. Setelah libur panjang sejak puasa lalu, mulai hari ini (16/7) para pelajar di Kota Bogor kembali bersekolah. Bersamaan dengan itupula para siswa baru mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MLPS).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 2 Provinsi Jawa Barat mengatakan Dadang Ruhiyat mengatakan MPLS merupakan kegiatan yang tepat bagi sekolah untuk mengenalkan lingkungannya kepada siswa baru. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kini selama MPLS tidak boleh ada perpeloncoan.

“Kepada sekolah berikanlah materi-materi yang menyenangkan. Sebaiknya diselingi kegiatan edutainment agar anak-anak tidak jenuh. Maka sekolah harus kreatif,” ujar Dadang Ruhiyat kepada Radar Bogor.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Fakhrudin. Pria yang disapa Fahmi itu mengatakan tidak boleh ada perpeloncoan selama MPLS.

“Jika ada oknum yang menyimpang segera melapor ke guru, kepala sekolah atau melalui pengaduan Disdik,” ujarnya.

Kepada para pelajar, Fahmi pun meminta agar mengikuti MPLS dengan baik dan disiplin. “Agar mudah beradaptasi dan mengetahui bagaimana cara belajar di sekolah yang baru,” tambahnya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Bogor Bambang Aryan berharap, siswa dapat mengenal dengan baik terhadap lingkungan sekolahnya.

“Yang paling penting itu mengembangkan penguatan pada pendidikan karakter siswa. Agar siswa memiliki karakter yang jujur, religius, empati, dan hormat,” ujar pria yang juga Kepala SMAN 1 Bogor itu.

Terpisah, Ketua MKKS SMP Kota Bogor Imam Wahyudi menjelaskan, sesuai Permendikbud No 18 Tahun 2016, MOS yang berubah menjadi MPLS memiliki peranan sangat penting dalam pembinaan karakter sejak awal bagi peserta didik.

“Kegiatan ini sekaligus membina tatakrama, peraturan, kedisipilinan, serta mempersiapkan karakter siswa agar tumbuh menjadi insan berakhlakul karimah,” ujarnya.(cr4/ran/c)