25 radar bogor

Dominasi Marc 93

JUARA LAGI: Selebrasi Marc Marquez usai menjuarai MotoGP di Sirkuit Sachsenring, Jerman, tadi malam.
JUARA LAGI: Selebrasi Marc Marquez usai menjuarai MotoGP di Sirkuit Sachsenring, Jerman, tadi malam.

Sachsenring–RADAR BOGOR, Marc Marquez (Repsol Honda) melanggengkan dominasinya di Sachsenring setelah kembali me­­menangi MotoGP Jerman.

Kemenangan di Sachsenring, Minggu (15/7/2018) malam WIB, membuat Marquez kini sudah berjaya dalam enam musim terakhir MotoGP Jerman.

Ditambah dengan kelas-kelas di bawahnya, Marquez sekarang punya sembilan kemenangan beruntun di Sachsenring. Juara dunia empat kali MotoGP itu juga meraih seluruh keme­­­nangannya lewat sembilan pole berturut-turut.

Dalam balapan Marquez sempat kehilangan posisi terdepan usai disalip Jorge Lorenzo di tikungan pertama MotoGP Jerman. Tapi, pada prosesnya Marquez berhasil merebut kembali posisi terdepan dan meraih kemenangan.

Buat Marquez, ini juga men­­jadi kemenangan kelimanya di MotoGP 2018. Sebelumnya ia merebut podium teratas di Austin, Jerez, Le Mans, dan Assen.

Podium MotoGP Jerman 2018 ini dilengkapi dengan dua rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, secara berurutan.

Dominasi Marquez di Sachsenring semakin ber­tam­­bah. ia juga berjaya pada 2010 (125cc), dilanjutkan pada 2011 dan 2012 (250cc).

Artinya, termasuk kemenangan dalam MotoGP Jerman lima musim terakhir, Marquez sudah tidak pernah absen dari podium teratas balapan (seluruh kelas) di Sachsenring selama delapan musim berturut-turut.

Marquez juga menyongsong MotoGP Jerman kali ini dengan kecenderungan positif usai berjaya dalam balapan sebelumnya di Assen. Sebelum itu rider Repsol Honda tersebut finis kedua di Catalunya, bangkit dari finis ke-16 di Mugello.

Dari delapan balapan di MotoGP 2018, Marquez sudah mampu memenangi separuh­­­nya. Hal itu pula yang mem­buatnya kini bertengger dengan cukup nyaman di posisi teratas klasemen, unggul 41 poin dari Valentino Rossi (Movistar Yamaha) di posisi kedua.(rur/dc)