Beranda Bogor Raya

Arist Merdeka: Harus Ada Peran Pemerintah

Wulan/radarbogor
DATA ORANG HILANG: Petugas Polsek Gunungputri sedang memeriksa kasus laporan orang hilang di wilayah hukum Gunungputri, Kabupaten Bogor.

GUNUNGPUTRI–RADAR BOGOR,Maraknya gadis hilang setelah berke­nalan dengan teman baru di media sosial (medsos) men­dapat sorotan dari Komnas Perlin­dungan Anak (PA).

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengimbau agar para remaja lebih bijak dan berhati-hati dalam meng­gunakan medsos. Sebab, peng­gunaan medsos di ka­langan remaja sudah menga­rah ter­hadap hal-hal negatif.

“Juga peran pemerintah. Baik di tingkat keca­ma­tan maupun kabupa­ten ha­rus lebih aktif. Terutama dalam pengawasan terhadap para remaja di Keca­ma­­tan Gunung­putri,” katanya kepada Radar Bogor, kemarin.

Ia pun meminta kepada orang tua agar selalu me­nga­wasi dan memberi pema­ha­man terhadap anak-anak­nya.

“Orang tua pun harus aktif berkomuni­kasi dengan anak-anaknya. Juga mem­berikan pemahaman agar tidak mu­dah untuk diajak orang yang baru dikenalnya di medsos,” pintanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, peran sekolah dan lingkungan sangatlah penting. “Saat ini lingkungan cukup cuek. Be­gitu pun sekolah,” kata pria kelahiran Pematangsiantar, Sumatera Utara itu.

Diberitakan sebelumnya, sejak tiga tahun terakhir, ba­nyak gadis remaja di Ke­camatan Gunung­putri, Kabu­paten Bogor yang tak pulang ke rumah. Itu terjadi selepas mereka menjalin hu­bungan dengan teman baru dari media sosial.(all/c)

Baca Juga