25 radar bogor

Ajak Masyarakat Atasi Sampah

KOMPAK: Staf rumah sakit bersama warga membersihkan berbagai jenis sampah di kali sekitar Rumah Sakit Medika Dramaga, akhir pekan kemarin.

BOGOR–RADAR BOGOR,Menjaga lingkungan tetap bersih menjadi tanggung jawab semua pihak. Tak terkecuali, Rumah Sakit Medika Dramaga.

Setiap dua minggu sekali, mereka bersama warga membersihkan kali yang berada tepat di lingkungan rumah sakit di Kelurahan Margajaya, akhir pekan kemarin.

Direktur RS Medika Dramaga, Dr Gioseffi Purnawarman menjelaskan, bebersih menjadi rutinitas staf dan bertujuan untuk membudayakan cara mengolah sampah yang benar.

“Utamanya, kali yang ada di dekat kami adalah perbatasan kota dan Kabupaten Bogor,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Ia menegaskan, sampah yang ada di kali belakang bukanlah sampah rumah sakit melainkan dari beberapa warga. Maka dari itu, dirinya pun ke depan akan menjalin kerja sama dengan pemerintah setempat untuk mengajak warga sekitar memiliki program pengolahan sampah sesuai dengan Peraturan Daerah No 9 Tahun 2017 terkait sampah.

“Mulai dari pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan hingga proses akhir bagaimana, nanti kami buat program dengan pemerintah. Supaya warga sekitar bisa melakukan dan menjadikan kegiatan tersebut membudidaya,” tegasnya.(ran/c)