Beranda Olahraga piala dunia

Setengah Lusin Gol Tercipta, Prancis Kunci Gelar Juara Piala Dunia

BERBAGI
JUARA: Para pemain Prancis merayakan gol dari Paul Pogba (FIFA.com)

MOSKOW-RADAR BOGOR,Penampilan Kroasia di awal laga final melawan Prancis di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7) melebihi ekspektasi publik. Tim yang baru pertama kali tampil di final Piala Dunia ini mampu membuat Prancis kesulitan mengembangkan permainan.

Selama 15 menit pertama, bola praktis lebih banyak dikuasai Kroasia. Penguasaan bola Kroasia bahkan mencapai 60 persen berbanding 40 persen milik Prancis.

Skuad Les Bleus baru mulai lebih berkembang saat melewati 15 menit. Sebuah serangan di sisi kiri pertahanan Kroasia menghasilkan sebuah tendangan bebas.

Sial bagi Kroasia, tendangan bebas yang dikirim Antoine Griezmann berujung gol bagi Prancis. Sebuah upaya membuang bola yang dilakukan striker Mario Mandzukic justru mengirim bola ke gawangnya sendiri.

Kiper Subasic hanya bisa terkejut melihat bola mengarah ke gawang usai disundul Mandzukic. Prancis pun unggul berkat gol bunuh diri striker Juventus tersebut.

Mendapat serangan gencar, pertahanan Prancis lengah. Bola umpan set pieces dari sisi kanan jatuh ke hadapan Ivan Perisic. Sempat mengontrol ke kaki kanan, Perisic melakukan tendangan kaki kiri yang tak mampu dihentikan Hugo Lloris.

Tensi dan tempo pertandingan pun makin meningkat. Situasi menjadi lebih menarik. Prancis pun sudah lebih panas dan mampu balik menekan Kroasia. Sebuah serangan yang mampu membuahkan penalti bagi Prancis.

Penalti ini merupakan hasil pengamatan wasit Nestor Pitana setelah melihat rekaman VAR. Griezmann tak membiarkan peluang tersia-sia. Sepakan kaki kirinya mengecoh Subasic dan membuat Prancis kembali unggul 2-1.

Kroasia tak menurunkan determinasi dan agresivitas mereka di babak kedua. Kondisi ini membuat Prancis hanya bisa melancarkan tekanan melalui serangan balik.

Namun, baru pada serangan balik kedua Prancis mampu meraih hasil. Kylian Mbappe menjadi andalan Les Bleus dalam melancarkan serangan balik. Kecepatan pemain 19 tahun ini mampu membuat pertahanan Kroasia kelabakan.

Mbappe kemudian mengirim umpan kepada Griezmann yang berdiri di depan gawang Kroasia. Mendapat kawalan, striker Atletico Madrid itu kemudian melanjutkan bola kepada Paul Pogba yang datang dari lini kedua.

Pogba harus melakukan dua kali usaha untuk bisa menjebol gawang Subasic di menit 59. Tendangan pertama dengan kaki kanan masih membentur pemain Kroasia. Namun, dengan cerdik dia melakukan tendangan kedua melalui kaki kiri dengan memanfaatkan posisi Luka Modric sehingga arah bola tak bisa diketahui Subasic.

FIFA.com

Teknik ini juga dilakukan Mbappe untuk mencetak gol perdananya di final Piala Dunia 2018. Penetrasi Rodriguez dari sisi kanan pertahanan Kroasia berakhir dengan mengumpan bola kepada Mbappe.

Penyerang Paris Saint-Germain ini hanya melakukan sedikit kontrol untuk kemudian melakukan tembakan tepat ke arah gawang di menit 65. Posisi bek Kroasia yang ada di depannya menjadi ‘tameng’ yang membuat Subasic tak terlalu jelas melihat arah bola. Prancis pun semakin menjauh dari Kroasia dengan skor 4-1.

Kroasia memperkecil kedudukan lewat Mario Mandzukic. Lloris yang bermaksud menghindarkan bola menggunakan kaki berhasil direbut striker Juventus tersebut. Di sisa akhir pertandingan Perisic cs terus mencari peluang untuk menambah gol. Namun sayang, hingga peluit panjang dibunyikan, skor tetap 4-2 untuk kemenangan Prancis.

Prestasi ini mengulang kesuksesan tim ayam jantan pada piala dunia 1998 lalu.

(ysp/adw/JPG)

Baca Juga