Beranda Nasional

Kloter Pertama Calhaj Berangkat Lusa

ilustrasi keberangkatan haji

JAKARTA–Selasa nanti (17/7) kloter pertama calon jamaah haji (CJH) diberang­kat­kan. Untuk menjaga kual­itas dan keamanan pener­bangan, Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhu­bungan berkoordinasi dengan pihak terkait.

Ada enam embarkasi yang direncanakan memberang­katkan CJH pada 17 Juli. Yaitu, Padang (PDG), Lombok (LOP), Solo (SOC), Makassar (UPG), Jakarta, dan Surabaya (SUB).

Sementara itu, sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 124 Tahun 2016 tentang Penetapan Embarkasi dan Debarkasi Haji, telah ditetap­kan 12 bandara yang digunakan sebagai embarkasi dan debarkasi haji serta 5 bandara untuk embarkasi antara.

”Kami sudah berkoordinasi dengan pengelola bandara keberangkatan di Indonesia dan kedatangan di Arab Saudi. Selain itu, komunikasi terus dijalin dengan maskapai penerbangan Garuda Indone­sia dan Saudi Arabian Airlines,” tutur Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara Pramin­tohadi Sukarno.

Praminto menyatakan, saat ini maskapai yang akan menerbangkan CJH telah mendapatkan izin mendarat dan slot time penerbangan dari Bandar Udara King Abdul Aziz, Jeddah, dan Bandar Udara Prince Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah.

Maskapai tersebut juga telah mendapat izin melintas dari otoritas penerbangan negara-negara yang akan dilintasi.

Dia membeberkan bahwa Garuda Indonesia telah menyiapkan armada yang terdiri atas 13 unit pesawat. Perinciannya, antara lain, 5 unit pesawat Boeing B777-300 dengan kapasitas 393 seat dan 3 unit pesawat B747-400 dengan kapasitas 455 penum­pang. Selain itu, ada 4 unit pesawat Airbus A330-300 dengan kapasitas 360 seat dan satu unit pesawat A330-200 dengan kapasitas 325 seat.

”Sedangkan Saudi Arabian Airlines menyiapkan armada 18 unit yang terdiri atas 11 unit pesawat Boeing B777-300 dengan kapasitas 410 seat dan 7 unit pesawat B747-400 dengan kapasitas 450 seat,” ucap Praminto.

Ditjen Perhubungan Udara juga telah melakukan pemeriksaan pesawat. ”Personel akan mengoperasikannya untuk memastikan kelaikudaraan pesawat tersebut juga dikontrol,” ujar Praminto.

Sementara itu, kondisi bandara untuk keberangkatan haji juga dipelototi. Secara umum, 12 bandara embarkasi haji dan 5 embarkasi antara itu siap untuk melaksanakan kegiatan angkutan haji 2018(lyn/wan/c11/ttg)

Baca Juga