25 radar bogor

Performa Warga Bogor di Piala AFF U-19

ANDALAN: Muhammad Riyandi saat menjalani latihan bersama timnas U-19 sebelum berlaga di Piala AFF 2018.
ANDALAN: Muhammad Riyandi saat menjalani latihan bersama timnas U-19 sebelum berlaga di Piala AFF 2018.

BOGOR–RADAR BOGOR,Kegagalan Indonesia melaju ke babak final Piala AFF U-19 masih menyisakan kesedihan. Timnas Indonesia gagal memenuhi tekadnya setelah takluk dari Malaysia di babak semifinal, Kamis (12/7) malam, di Glora Delta Sidoarjo, melalui babak penalti.

Duel Indonesia versus Malaysia harus berakhir melalui babak adu penalti dengan skor 2-3. Itu setelah kedua tim hanya bermain imbang 1-1 dalam waktu normal.

Kendati demikian, Indonesia harus berbangga memiliki talenta-talenta muda. Terlebih bagi warga Bogor. Ya, dari 11 pemain inti timnas Indonesia di Piala AFF U-19, satu di antaranya berasal dari Bogor.

Dia adalah Muhammad Riyandi. Kiper timnas U-19 kelahiran Bogor, 30 Januari 2000, itu dipercaya pelatih Indra Sjafri untuk menjaga gawang Merah Putih.
Hebatnya, Riyandi mencatat hasil luar biasa. Selama memperkuat Indonesia, Riyandi menyumbang rekor tak terkalahkan bagi tim Garuda Nusantara di Piala AFF U-19 2018.

Catatan itu diraih dalam empat laga terakhir di fase grup. Sementara di babak final, Riyandi harus menerima kenyataan pahit. Gawangnya harus kebobolan empat kali oleh pemain Malaysia. Pertama, Riyandi kebobolan di babak pertama waktu normal.

Sementara, tiga gol terjadi di babak adu penalti, masing-masing oleh Shivan Asokan, Nabil Hakim, dan Akif Syahiran.

Catatan ini juga pernah terjadi di tahun lalu. Jebolan SSB Pelita Jaya yang menjalani debutnya di timnas ini tampil penuh dalam dua pertandingan awal Piala AFF
U-19 2017 dan Indonesia pun selalu menang.

“Saya malah tidak tahu kalau ada catatan seperti ini. Saya sangat bersyukur kalau Indonesia selalu menang saat saya tampil,” kata Riyandi yang tercatat sebagai warga Tajurhalang, Kabupaten Bogor ini kepada wartawan.

Selain bermain di timnas, Riyandi juga dipercaya untuk menjaga gawang PS Barito Putera yang bermain di Indonesia Soccer Championship A.

Dikutip dari Wikipedia, meski usianya muda, postur Riyandi sangat meyakinkan sebagai seorang kiper. Riyandi memiliki postur 181 sentimeter dan bobot 70 kilogram.

Riyandi dikontrak untuk memperkuat PS Barito Putera di ajang Indonesia Soccer Championship A 2016. Putra Bogor ini menjadi pemain termuda yang direkrut PS Barito
Putera.

“Riyandi adalah kiper hebat. Dia memiliki semua kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi kiper utama. Bukan hanya dari segi teknik, tapi juga secara mental,” kata Felipe dikutip dari akun resmi Barito Putera.(dkw/net)