Beranda Bogor Raya

Kuras Lumpur di Tiga Saluran Penghubung

BERSIHKAN: Para petugas di Kecamatan Matraman membersihkan saluran air penghubung.

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Sejumlah saluran penghubung (PHB) di wilayah Matraman, Jakarta Timur, dilakukan pembersihan. Selain banyak lumpur, saluran juga ada sumbatan karena sampah.

Kasatpel Sumber Daya Air Kecamatan Matraman, Meta Pradoningrum mengatakan, pembersihan sudah dilakukan sejak awal pekan ini dan ditargetkan rampung dua pekan ke depan. Sasaran utamanya adalah saluran PHB yang ada di Jalan Pramuka Raya, Jalan Kayumanis Raya, dan Jalan Matraman Raya.

“Pembersihan sejumlah saluran air dilakukan karena kondisinya banyak lumpur dan sedimen. Ini program perawatan rutin agar saluran air berfungsi normal,” kata Meta Pradoningrum, Jumat (13/7).

Menurutnya, panjang saluran air yang dikuras ini bervariasi. Misalnya, Jalan Pramuka Raya 100 meter, Jalan Kayumanis Raya sekitar 100 meter, dan Jalan Matraman Raya sepanjang sekitar 70 meter.

Jika sudah tuntas, pengurasan akan dilanjutkan di wilayah Kelurahan Palmeriam. Selain pengurasan saluran air, pihaknya juga saat ini tengah menguras lumpur dan sedimen di kolong jembatan Kali Utan Kayu, Jalan Utan Kayu Raya.

“Jelang Asian Games ini seluruh saluran air di jalan protokol maupun jalan alternatif, kita kuras. Sehingga saat hujan deras tidak timbul genangan,” tandasnya.

Selain pembersihan rutin, bagian turap yang longsor sepanjang delapan meter pada bulan puasa lalu, juga mendapat perbaikan. Apalagi, bongkahan beton penutupnya ikut ambles ke dasar saluran air, hingga menganggu sistem drainase.

“Mulai hari ini kita lakukan perbaikan. Kita targetkan dalam waktu dua minggu perbaikannya rampung,” kata Meta.

Bagian turap yang longsor akan dikikis dan lumpur di dasar saluran air dikeruk. Selanjutnya akan dipasang beton untuk gorong-gorong. Pemasangan beton nanti menggunakan alat berat jenis crane mini.(bej/net)

Baca Juga