Beranda Bogor Raya

Bekali 220 Guru Kurikulum 2013

SEMANGAT: Para guru SD se-Kecamatan Citeureup semangat mengikuti bimtek implementasi Kurikulum 2013 di gedung SDN Citeureup 04, kemarin (13/7).

CITEUREUP–RADAR BOGOR,Sebanyak 220 guru SD se-Kecamatan Citeu­­reup mengikuti kegiatan imple­mentasi kurikulum 2013 (K-13) di gedung SDN Citeureup 04, kemarin (13/7). Kegiatan yang diselenggarakan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Citeureup ini dilakukan selama tiga hari yang dimulai pada Kamis (12/7) dan berakhir hari ini (14/7).

Ketua pelaksana Endang Wikarsa mengatakan, acara bimtek implementasi kurikulum 2013 ini berdasarkan Permen­dikbud No 160/2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan 2013. Tujuannya, agar peserta atau guru mengetahui secara mendalam K-13 dan dapat meng­imp­lementa­sikannya di sekolah masing-masing.

“Sengaja kami lakukan di saat peserta didik masih libur. Sehingga ketika masuk tahun ajaran baru guru-guru sudah siap melaksanakan K-13,” ujarnya.

Pembekalan yang dilakukan pun tidak monoton, namun didesain sedemikian mungkin agar penerapan K-13 yang nantinya disalurkan kepada peserta didik tidak hanya sebatas teori yang menjenuhkan.

“Tetapi langsung praktik,” bebernya.

Sementara itu, instruktur Kabupaten Bogor Nur Komariah memaparkan materi yang disam­paikan mengenai kuri­kulum 2013, mulai dari bagai­mana memetakan kompetensi dasar membuat dan mengatur penilaian.

“Jadi, penerapan K-13 para guru tidak hanya tahu konsepnya tapi mereka harus mengerti bagaimana aplikasinya di sekolah. Karena kalau tahu konsepnya saja di sekolah tidak tahu implemen­tasinya, sama saja bohong, ”jelasnya.

Selama tiga hari, lanjut dia, pemateri akan menanamkan pada guru bagaimana membuat perencanaan pembelajaran, membuat silabus yang benar dengan langsung praktik.

“Kami betul-betul ingin menanamkan pada mereka (guru, red) seperti ini pelaksanaannya. Kalau hanya sebatas teori kan bisa dibaca. Tapi kalau di sini kita langsung praktik,” bebernya.

Ia juga berharap agar semua guru bisa melakukan pem­­belajaran kepada peserta didik sesuai yang diamanatkan pada kurikulum 2013. (pem/*)

Baca Juga