Beranda Bogor Raya

Sebulan, Tiga Perempuan Hilang

MARAK: Kasus laporan orang hilang meningkat di wilayah hukum Gunungputri, Kabupaten Bogor. Hingga bulan ini saja sudah ada 23 laporan yang diterima polisi.

GUNUNGPUTRI–RADAR BOGOR, Berkenalan lewat Facebook, lalu meng­­hilang. Begitulah yang kerap menimpa gadis remaja di Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor. Ya, sejak tiga tahun terakhir, banyak gadis remaja yang tak pulang ke rumah selepas mereka menjalin hubungan dengan teman baru dari media sosial.

Seperti RA (15). Salah satu siswi SMA kelas 1 di Gunung­­­putri itu, sempat hilang selama tiga hari. Setelah dicari-cari, RA ditemukan di tempat kos DD (18) seorang pria yang ia kenal di aplikasi Facebook. “Saya sempat cari-cari dan melapor ke Polsek Gunung­­putri. Alhamdulillah dite­mu­­kan di tempat teman Face­booknya,” ujar HR, paman RA, saat dite­mui Radar Bogor, kemarin (12/7).

Kasus yang dialami SA sejatinya bukanlah satu-satunya remaja yang hilang setelah berkenalan dengan seorang pria di media sosial. Data dari Polsek Gunung­­putri, hingga bulan ini saja tercatat sudah ada 23 laporan wanita hilang. Atau jika dirata-rata, dalam setiap bulan ada tiga orang yang hilang.

“Pada 2016 sebanyak 21 laporan orang hilang. Tahun 2017 hanya 12 laporan, dan tahun ini sebanyak 23 laporan wanita hilang,” ujar Kapolsek Gunung­putri Kompol Yudi Kusyadi kepada Radar Bogor.

Mereka yang hilang, umumnya menghilang setelah berkenalan dengan seorang pria lewat media sosial.

“Paling banyak laporan hilang itu perempuan. Usianya di kisaran 15 tahun sampai 45 tahun,” ujarnya.

Ia pun meminta agar masya­­rakat, baik itu orang tua, guru dan anak-anak lebih selektif menerima pertemanan di media sosial. “Terutama bagi remaja, orang tua harus benar-benar mengawasi,” tukasnya.(all/c)

Baca Juga