Beranda Bogor Raya

Perkaya Asian Games

BERBAGI
KOMPAK: Panitia Festival Merah Putih 2018 berdialog dengan Bupati Bogor, Nurhayanti, kemarin.

CIBINONG–RADAR BOGOR, Memasuki tahun ketiga, Festival Merah Putih (FMP) 2018 akan makin se­marak. Pembina FMP 2018, Mahen­dra Kusuma menga­­takan, berbagai kegiatan ber­sinergi dengan semua pihak.

Namun, sambung Mahendra, untuk di Kabupaten Bogor akan sedikit berbeda dari segi pariwisata karena diwarnai seni tradisional dengan pagelaran seni Jaipong. Cibinong City Mall, Jalan Tegar Beriman, dan sekitaran Stadion Pakansari akan menjadi lokasi pusat penyelenggaraan FMP. “Meskipun nanti di waktu bersamaan ada penyelenggaraan Asian Games, tidak berbentrokan. Malahan makin memperkaya acara,” ungkapnya.

Rencananya, kata Mahendra, panitia FMP akan melakukan rapat lanjutan dengan tim SKPD dari Kabupaten Bogor. “Harapannya, FMP tahun ini sukses seperti tahun-tahun lalu, banyak peserta karena ini kan memang untuk merajut kebersamaan,” bebernya.

Lebih lanjut Mahendra menguraikan, sebanyak 17.485 bendera maupun umbul-umbul akan terpasang, mulai dari Kota hingga Kabupaten Bogor.

“Tahun lalu masih tersisa 4.000-an bendera yang bisa diamankan. Kekurangannya ada dari partisipasi warga, pengusaha, juga SKPD Kota maupun Kabupaten Bogor. Ada juga lomba cerdas cermat, yang tahun ini diharapkan polsek juga koramil bisa berpartisipasi,” cetusnya.

Lalu ada lomba pemusik jala­­nan, mewarnai, baris-berbaris yang akan dipusatkan di Cibi­nong City Mall. Urban sketsa, pameran kaulinan budak, pun rang­kaian lainnya. “Rencananya pem­­bukaan di Kota, dan untuk penutupan di Kabupaten Bogor,” tuturnya.

Selain itu, sambung Mahen­dra, ada juga agenda ke­­mah kebangsaan. Pesertanya direncanakan sebanyak 120 orang. Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Syarifah Sopiah menga­takan, berbeda dengan FMP edisi dua tahun sebelumnya, keterlibatan FMP tahun ini diharapkan sedari awal sehingga persiapannya lebih baik.

Sekalipun rangkaian kegiatan di FMP sudah bagus, namun kata Ifah, Pemkab Bogor sendiri ada panitia dan SKPD yang memiliki kegiatan di masa-masa FMP berlangsung. “Nanti hari Senin kita akan tambahkan, kalau misalkan kegiatannya di FMP ada 10, di Kabupaten Bogor kita tambahkan yang di Kota Bogor tidak dilaksanakan,” ungkapnya.

Bupati Nurhayanti mengatakan, arak-arakan dipusatkan di Jalan Tegar Beriman juga lingkungan Pemkab Bogor. “Kegiatan lainnya menyesuaikan, bisa dirangkaikan juga dengan kegiatan lainnya. Untuk rangkaian kemah kebang­saan, dan paduan suara bisa dikoordinasikan dengan Disdik,” ungkapnya.(wil)

Baca Juga