Beranda Politik

Parpol Pilih Daftar di Akhir

ilustrasi KPU

CIBINONG-RADAR BOGOR,Sepekan lebih pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) dibuka pada Rabu (4/7), hingga saat ini belum ada yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). KPU terpaksa memutar cara agar dapat mengetahui kehadiran dengan cara menelpon satu per satu partai.

Alhasil, KPU Kota Bogor mencatat dari 16 partai politik (parpol) peserta pemilu 2019 setidaknya baru tujuh parpol yang mengonfirmasi kehadirannya untuk melakukan pendaftaran bacaleg.

Diantaranya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Beringin Karya (Berkarya), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrat.

“Info kedatangan parpol untuk daftar ke KPU Kota Bogor setelah di telepon oleh KPU satu persatu,” ujar Komisioner KPU Kota Bogor Bambang Wahyu kepada Radar Bogor, Kamis (12/7).

Berdasarkan catatan, sambung Bambang, PDIP rencananya akan datang pada Sabtu (14/7) dan PKS pada Minggu (15/7).

Untuk Senin (16/7) partai yang berencana datang diantaranya Nasdem, Berkarya, Perindo, dan PPP. Kemudian disusul oleh Demokrat pada Selasa (17/7). “Masih ada sembilan partai lagi yang belum diketahui kapan akan hadir ke KPU, diantaranya PKB, Gerindra, Golkar, Garuda, PSI, PAN, Hanura, PBB dan PKPI,” terangnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Bogor Erik Fitriadi mengatakan baru partai Perindo yang telah mengkonfirmasi kedatangannya ke KPU. Yakni pada Jumat (13/7). “Rencananya Perindo yang mengonfirmasi untuk pendaftaran,” katanya.

Erik menerangkan, parpol yang datang sekaligus membawa segala kelengkapan berkas administrasi bacaleg untuk dimasukkan ke dalam aplikasi SILON.

Setelah itu, akan dilakukan penelitian administrasi terhadap syarat caleg tersebut. Jika diketahui ada syarat yang kurang lengkap maka akan langsung di informasikan ke LO masing-masing parpol untuk segera dilengkapi dan diperbaiki.

“Pemeriksaan membutuhkan waktu yang lumayan, Sabtu dan Minggu juga kita tetap buka untuk melayani parpol apabila ingin mendaftar di akhir pekan itu,” pungkasnya.

Disisi lain, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bogor akan memperketat pengawasan dalam tahapan pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) yang sedang berlangsung. Musababnya, proses administrasi pendaftaran bacaleg tersebut memiliki celah yang berpotensi terjadinya pelanggaran.(gal/c)

Baca Juga