Beranda Nasional

Kantor Polisi Bersama Polri-Tiongkok Bikin Gempar, Ini Klarifikasi Kapolres Ketapang

BERBAGI
Kapolres Ketapang AKBP Sunario saat memberikan klarifikasi terkait Kantor Polisi Bersama.

KALBAR-RADAR BOGOR, Kapolres Ketapang AKBP Sunario mengklarifikasi kabar yang beredar terkait keberadaan Kantor Polisi Bersama antara Polri dan Tiongkok. Klarifikasi itu disampaikan di media sosial melalui unggahan video. Dalam video itu, Sunario didampingi dua anggotanya sambil memegang plakat yang dihebohkan. Video tersebut dibuat di ruang kerja Kapolres.

Dalam klarifikasinya, Sunario mengatakan, memang benar ada kunjungan kepolisian dari Tiongkok ke Ketapang, Kamis (12/7/2018). Menurutnya, polisi Tiongkok melakukan kunjungan kerja ke PT BSM yang ada di Ketapang. Saat itu juga, mereka mengajak Polisi Polres Ketapang untuk bersama-sama ke perusahaan.

“Mereka meminta kerja sama kepada Polres Ketapang dalam hal kepolisiannya dengan membawa contoh sebuah plakat yang untuk kerja sama nantinya,” katanya, dikutip dari Pontianak Post (Jawa Pos Group), Jumat (13/7/2018).

Heboh! Ada Kantor Bersama Polri dan Tiongkok di Ketapang, Kok Bisa!

“Kesepakatan antara kedua belah pihak belum ada atau kami tolak karena Polres Ketapang tidak bisa mengeluarkan kesepakatan. Yang ada itu Mabes Polri. Mereka kami sarankan untuk kerja sama itu harus melalui Mabes Polri,” lanjut Sunario.

Sunario juga membantah isu yang beredar di medsos yang mengatakan bahwa plakat tersebut sudah diresmikan dan diletakkan di kantor bersama. Plakat tersebut sudah diamankan di Polres Ketapang.

“Sampai saat ini tidak ada kantor bersama Kepolisian Republik Indonesia dengan kepolisian Suzhou di Ketapang,” tegasnya di akhir video.

Kedatangan kepolisian Tiongkok ke Ketapang bukanlah kali pertama. Sebelumnya, kepolisian Tiongkok juga pernah datang ke Polres Ketapang beberapa waktu lalu. Kedatangan mereka ke Polres Ketapang juga sudah dipersiapkan. Hal itu terlihat dari spanduk yang dibentangkan di aula Mapolres Ketapang.

Dalam spanduk tersebut bertuliskan “Selamat Datang Direktur Jenderal Biro Keamanan Umum Suzhou beserta rombongan di Polres Ketapang Kalimantan Barat”. Dalam spanduk itu juga tertulis tanggal 12 Juli 2018 beserta tulisan Mandarin.

Sementara di masing-masing pojok atas terdapat bendera Republik Indonesia dan bendera Republik Rakyat Tiongkok. Ada pula foto Kapolres Ketapang beserta Kepolisian Tiongkok di masing-masing pojok bawah. (ysp)

Komentar Anda

Baca Juga