25 radar bogor

Didenda karena Salah Kaus Kaki

PESTA BOLA: Suasana nonton bareng (nobar) semifinal Piala Dunia 2018 di halaman parkir LPP RRI Bogor, dini hari kemarin.
PESTA BOLA: Suasana nonton bareng (nobar) semifinal Piala Dunia 2018 di halaman parkir LPP RRI Bogor, dini hari kemarin.

MOSKOW–RADAR BOGOR, Federasi sepak bola dunia atau FIFA menjatuhkan sanksi berupa denda sebesar 50 ribu poundsterling atau setara Rp953 juta untuk timnas Inggris karena melakukan pelanggaran komersial.

Dalam pernyataannya, FIFA menyebutkan jika sebagian pemain The Three Lions, seperti Dele Alli, Eric Dier dan Raheem Sterling telah mengenakan kaus kaki yang ”tidak sah” selama turnamen.

Para pemain tersebut mengenakan kaus kaki tambahan di pergelangan kaki di atas kaus kaki resmi Nike, dan telah mengabaikan peringatan FIFA sebelumnya untuk menang­galkan.

Dengan demikian, FIFA mengatakan denda tersebut adalah untuk pelang­­garan peraturan media dan pema­saran dan peraturan peralatan FIFA atau menampilkan ”branding komersial tanpa izin”.

”Beberapa pemain Inggris terus menampilkan merek komersial yang tidak sah pada item peralatan bermain sebelum dan selama pertandingan perempat final antara Swedia dan Inggris,” demikian pernyataan FIFA seperti dikutip dari BBC Sport.

Selain timnas Inggris, FIFA juga menghukum timnas Swedia dan Kroasia untuk tudingan yang sama.

Bahkan, Kapten Swedia Andreas Granqvist menghadapi denda lain setelah terus memakai sepasang kaus kaki yang tidak sah.

Sepanjang Piala Dunia 2018, FIFA juga telah menjatuhkan sanksi denda sebesar 80 ribu poundsterling atau setara Rp1,5 miliar untuk federasi sepak bola Argentina atas ulah fans Albiceleste yang melempar benda ke lapangan dan ucapan rasialis.(qur/pojoksatu)