25 radar bogor

Bersaing Jadi Posyandu Terbaik

SERIUS: Tim penilai lomba Posyandu tingkat Kabupaten Bogor mendatangai Posyandu Mawar I di Kampung Cihideung, RW 02, Desa Cipelag, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Rabu (11/7).
SERIUS: Tim penilai lomba Posyandu tingkat Kabupaten Bogor mendatangai Posyandu Mawar I di Kampung Cihideung, RW 02, Desa Cipelag, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Rabu (11/7).

CIJERUK– RADAR BOGOR,  Sebagai ujung tombak kesehatan ibu dan anak, keberadaan posyandu terus mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten Bogor. Salah satunya dengan menggelar lomba antarposyandu se-Kabupaten Bogor. Proses penilaian pun mulai dilakukan. Salah satunya di Posyandu Mawar I di Kampung Cihideung, RW 02, Desa Cipelag, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Rabu (11/7).

Ketua Tim Penilai, Rini Ratnaningsih mengatakan, penilaian lomba posyandu merupakan bagian dari evaluasi keberadaan serta perkembangan posyandu. Dalam penilaian, pihaknya akan mencermati sejauh mana upaya-upaya perkembangan posyandu.

“Posyandu tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya dukungan pemerintah. Maka penilaian ini ditujukan pula untuk penilaian bagi pokjanal (kelompok kerja operasional) kecamatan, dan posyandu desa,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ada beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang ditugaskan untuk menilai lomba posyandu. Di antaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Dinas Sosial. Seluruhnya menilai 20 posyandu se-Kabupaten Bogor.

“Kami tim satu, akan mengunjungi 20 posyandu di 20 kecamatan. Untuk tim dua juga sama, 20 kecamatan,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Kades Cipelang Hasan mengaku sangat bangga tim posyandu di wilayahnya mendapat kunjungan dari tim penilai Kabupaten Bogor. Dengan terpilihnya Posyandu Mawar I ini bisa menjadikan motivasi para kader desa. “Terpilihnya posyandu kami ke tingkat Kabupaten Bogor menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Sekaligus penyemangat para kader untuk mengembangkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.(dka/c)