Beranda Bogor Raya

Situ Front City Terganjal Biaya

BERBAGI
BANYAK SAMPAH: Tampak kondisi Situ Pemda Cikaret yang kotor dan kurang mendapat perawatan.

CIBINONG–RADAR BOGOR, Upaya Peme­rin­tah Kabupaten (Pemkab) Bo­gor mengem­bangkan Situ Front City hingga kini masih ter­kendala pembiayaan. Padahal, grand design Situ Front City yang dirancang Badan Perencanaan Daerah dan Pe­nelitian Pembangunan (Bape­da­litbang) sudah rampung sejak jauh-jauh hari. Grand design-nya sendiri memadukan economy, environment, social community yang berujung pada sustainable development.

Kepala Bapedalit­bang Ka­bupaten Bogor Syarifah Sopiah mengatakan, Situ Front City membutuhkan ang­garan yang besar. Pihaknya memiliki desain, namun untuk mereali­sasi­­kannya tidak cukup hanya menggunakan APBD. “Kami juga menawarkan ke swasta yang cocok untuk membantu. Situ Cibinong Plaza itu tahap pertama,” ungkapnya.

Ifah -sapaannya- melanjutkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk penyelesaian tahap terakhir. “Kalau untuk bantuan swasta ada perusahaan yang desainnya masih dibahas. Jadi, kalau ada yang mau mengembangkan, kita minta di kawasan sempadan situnya jadi kawasan publik yang tertata. Nah, ini belum selesai,” beber Ifah.

Pihaknya berharap ada pihak swasta yang mau mengem­bangkan Situ Cikaret, namun harus mengikuti masterplan Pemkab Bogor. “Kalau tidak mengikuti masterplan kita, ya tidak kami terima. Kalau sudah oke dan sesuai, akan kami min­ta fasilitas publiknya ditata agar satu kesa­tuan terpenuhi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ifah menutur­kan, APBD tak cukup kuat memenuhi pembangunan Situ Front City, mengingat masih ada kebutu­han lainnya. Entah itu memba­ngun sekolah, infrastruktur jalan ataupun lainnya. “Atau Ta­man Situ Front City. Pasti milihnya yang sekolah atau jalan. Makanya, yang Taman Cibinong Plaza, karena dari APBD uangnya dibuat yang lain jadi kita cari lewat APBN,” paparnya.

Menurut Ifah, ada tiga situ yang tersebar di Cibinong Raya, antara lain Situ Pemda, Kaban­tenan, dan Cikaret. Khusus untuk dua situ terakhir, pihak­nya merencana­kan untuk di­sambung dan diperluas.

Sementara itu, Asisten Peme­rintahan dan Kesejah­teraan Rakyat Kabupaten Bogor, Burhanudin mengimbau agar para pelaku bisnis dapat bekerja sama dengan Pemkab Bogor. “Ya, untuk investasi, kita akan bantu regulasinya,” tandasnya. (wil/c)

Baca Juga