25 radar bogor

Ukir Sejarah, Pemuda Indonesia Ini Juara Dunia Ateltik U-20

Lalu Muhammad Zohri usai menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik U-20.
Lalu Muhammad Zohri usai menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik U-20.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sprinter muda Lalu Muhammad Zohri berhasil mengharumkan nama Indonesia di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 yang digelar di Tempere, Finlandia, Rabu (11/7/2018).

Zohri berhasil menjadi juara dalam kategori lari 100 meter putra. Dia mencapai finis dalam watu 10.18 detik. Dia mengungguli dua pelari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang sama-sama mencatatkan waktu 10,22 detik.

Kemenangan Zohri ini menjadi sesuatu yang fenomenal bagi Indonesia. Sebelumnya, sejak digelar 32 tahun lalu, prestasi terbaik sprinter Indonesia hanya finis di posisi ke-8 dan itu terjadi pada 1986. Kini rekor itu pecah oleh Zohri, atlet Asian Games berusia 18 tahun. Zohri bisa tampil di kejuaraan dunia atletik setelah menjadi juara di kejuaraan Asia U-20.

Di ajang ini, Zohri sudah menunjukkan tanda-tanda menang dengan menempati posisi dua pada semifinal dengan catatan waktu 10,24 detik atau terpaut 0,05 detik dari Schwartz.

Pada saat lomba, pemenang nomor 100 meter seperti bakal diraih duo sprinter Amerika Serikat. Namun Zohri yang berada di jalur paling kanan ternyata bisa finish lebih cepat.

“Saya akan berpesta malam ini. Sekarang, saya akan bersiap untuk menghadapi Asian Games bulan depan. Saya sangat bangga. Ini pengalaman luar biasa dan ini bagus untuk karier saya,” ujar Zohri.

Pujian pun datang dari saentro negeri untuk prestasi Zohri tersebut. Tak terkecuali dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani. Kata Puan, Zohri telah berhasil mengukir sejarah baru Indonesia.

“Ini sejarah baru bagi Indonesia sekaligus pertama kali atlet Indonesia meraih emas di Kejuaraan Dunia Atletik U-20,” ujar Menko PMK mengungkapkan kebahagiaanya.

Tak mau ketinggalan, Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi juga memberikan selamat kepada Lalu.

“Selamat kepada Lalu Muhammad Zohri yang merebut emas di IAAF U-20 pada nomor 100 meter di Tampere, Finlandia. Fenomenal,” tulis Tuan Guru Bajang dalam akun Twitter-nya, Kamis (12/7/2018).

Menurut TGB, Zohri merupakan salah satu atlet Generasi Emas 2025. Dia disiapkan Provinsi NTB untuk menyumbangkan medali emas di Asian Games 2018.

“Zohri merupakan salah satu atlet Generasi Emas 2025 yang disiapkan di Provinsi NTB untuk menyumbangkan energi dan medali emas untuk Asian Games 2018!,” ujar TGB. (ysp)

https://www.youtube.com/watch?v=pYXyXNCjjzA&t=19s