Beranda Metropolis

Festival Merah Pun Dihadiri Jokowi

BERBAGI
SEMARAK: Ribuan warga Bogor bersama Wali Kota Bogor Bima Arya ikut mengarak bendera merah putih raksasa keliling Kota Bogor, merupakan bagian dari Festival Merah Putih (FMP) 2017 lalu.

BOGOR–RADAR BOGOR,tih akaMenyambut HUT ke-73 Republik Indonesia, untuk ketiga kalinya Festival Merah Putih (FMP) akan kembali digelar.

Kegiatan tahunan bagi Kota dan Kabupaten Bogor ini melibatkan beberapa instansi, seperti Korem 061 Suryakencana, Polresta Bogor Kota, Bogor Sahabats (Bobats), dan berbagai komunitas di Bogor. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan hadir.

Ketua panitia FMP 2018 Muzakkir mengungkapkan, kegiatan ini diharapkan dapat memupuk rasa kebersamaan dalam kebhinekaan, cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme.

“Demi suksesnya acara, panitia terus berupaya mematangkan rencana kegiatan ini,” ujarnya.

Dia menuturkan, berdasarkan audiensi dengan Wali Kota Bogor Bima Arya di Balaikota Bogor Selasa (10/7), ada beberapa kegiatan yang mengalami perubahan dan selebihnya hanya tinggal mematangkan.

Beberapa perubahan itu antara lain kegiatan cerdas cermat. Semula cerdas cermat dijadwalkan pada 12 Agustus 2018 di Taman Ekspresi.

Namun karena pada tanggal tersebut tempat itu ditutup, maka cerdas cermat dipindahkan tanggal 5 Agustus 2018 di lapangan Pusdikzi.

“Sementara untuk kegiatan lainnya yang berlangsung di Kota Bogor tidak banyak mengalami perubahan sesuai agenda awal,” terang Muzakkir.

Adapun ragam kegiatan yang digelar dalam FMP 2018, antara lain, pemasangan umbul-umbul merah putih di jalan-jalan protokol, pengusungan bendera merah putih, lomba baris-berbaris, kuliner tradisional, cerdas cermat, dan kegiatan lainnya melibatkan seluruh komponen masyarakat sebagai wujud kebersamaan dan kekompakan warga.

“Festival Merah Putih tahun ini ada beberapa event besar yang lokasinya di Kebun Raya dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Kemudian mengarak bendera yang finishnya di Pusdikzi dan di situ juga akan diisi berbagai kegiatan besar,” bebernya.

Dia menambahkan, acara besar lainnya yaitu pada penutupan yang akan berlangsung di Lanud Atang Sendjadja, Kabupaten Bogor, 25-26 Agustus 2018.

Acara penutupan ini mengundang artis-artis pendukung. Untuk saat ini, nama-nama artis pendukung tersebut belum ada karena panitia sedang mengajukan surat permohonan untuk hadir.

“Kami berharap dalam waktu satu minggu ini sudah bisa mengumumkan nama-nama artis tersebut. Yang pasti, kita butuh artis untuk menguatkan kegiatan ini dan juga masih membutuhkan berbagai rangkaian kegiatan yang bisa dimasukkan di acara penutupan yang berlangsung selama dua hari,” jelasnya.(don/c)

Baca Juga